Jakarta (ANTARA) - Platform pembayaran digital Flip mengumumkan bahwa perusahaan telah memperoleh pendanaan Seri B senilai 48 juta dolar AS yang dipimpin oleh Sequoia Capital India, Insight Partners, dan Insignia Ventures Partners.

Putaran investasi di Flip ini sekaligus menandai investasi pertama kali di Indonesia oleh Insight Partners, sebuah perusahaan ekuitas swasta dan modal ventura global yang berbasis di New York.

Dikutip dari keterangannya pada Kamis, Flip berencana menggunakan pendanaan ini untuk mempercepat ekspansi bisnis, memperkuat operasional di Indonesia, investasi pada teknologi untuk memberikan kualitas layanan yang lebih tinggi kepada para pelanggan, dan mengembangkan sumber daya manusia dengan fokus pada tim teknik (engineering) dan produk (product).

"Pendanaan baru ini merupakan bukti komitmen dan kegigihan tim kami. Hal ini menjadi sumber yang kami butuhkan untuk mendorong dan mempercepat misi kami dalam memberikan solusi inovatif yang memudahkan money movement di Indonesia," kata Pendiri dan Direktur Utama Flip Rafi Putra Arriyan.

Baca juga: "Startup" yang dinamis jadi pilihan incaran para pekerja muda

Ia menambahkan, Flip bertujuan menjadi perusahaan teknologi keuangan yang paling mengutamakan pelanggan di dunia dan memungkinkan para pengguna untuk melakukan transaksi keuangan yang adil dari mana saja kepada siapa saja.

Beberapa produk Flip yang paling dominan di antaranya pembayaran P2P online dengan transfer beda bank ke lebih dari 100 bank domestik, pengiriman uang ke luar negeri (international remittance), isi ulang dompet digital, dan produk-produk solusi bisnis.

Flip melayani lebih dari tujuh juta pengguna untuk memproses berbagai jenis transaksi keuangan dari dan ke berbagai daerah di Indonesia serta untuk pengiriman uang ke luar negeri.

Selain itu, Flip menghadirkan solusi bisnis bagi ratusan perusahaan dengan berbagai skala industri, termasuk UKM melalui layanan pencairan uang dan pengiriman uang seperti penggajian karyawan, pengembalian uang pelanggan, pembayaran faktur/pemasok, dan transfer internasional.

"Flip mendisrupsi pasar transfer beda bank yang ada dan telah memantapkan dirinya sebagai pemimpin yang pasti dalam kategori ini dengan produk unggulan yang memungkinkan pergerakan pembayaran tanpa batas antara mitra-mitra bank," kata Managing Director Insight Partners Deven Parekh.

Pendanaan baru ini mengikuti putaran Seri A Flip pada tahun 2020 yang dipimpin oleh Sequoia Capital India dan putaran awal (seed) pada tahun 2019 yang dipimpin bersama oleh Sequoia Capital India dan Insignia Ventures Partners.

Baca juga: Flip hadirkan fitur transfer uang langsung dari Saldo Flip

Baca juga: Flip catat nilai transaksi lebih dari Rp2 triliun per bulan

Baca juga: Perusahaan rintisan "fintech" Flip klaim miliki enam juta pengguna

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021