Jakarta (ANTARA) - Layanan keuangan digital BUMN LinkAja berkolaborasi dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Paybill untuk menghadirkan kemudahan layanan transaksi, serta inovasi keuangan digital untuk dapat memberikan manfaat luas khususnya bagi para guru.

"Melalui kerja sama ini, LinkAja berkomitmen menjadi mitra digitalisasi pembayaran dan penyaluran dana berbagai kegiatan PGRI seperti pelatihan, sertifikasi, penelitian dan lain-lain," kata Direktur Operasi LinkAja Widjayanto, dalam keterangannya, Jumat.

"Kami harapkan melalui kerja sama ini dapat menjangkau sekitar 3 juta anggota PGRI di seluruh tanah air untuk dapat menikmati pemanfaatan layanan digital serta kemudahan pembayaran digital melalui aplikasi LinkAja," ujarnya menambahkan.

Kerja sama strategis antara LinkAja bersama PGRI dan Paybill dilakukan bertepatan dengan puncak perayaan hari ulang tahun PGRI ke-76 dan Hari Guru Nasional 2021 yang diselenggarakan pada akhir November lalu.

Baca juga: LinkAja kolaborasi dengan Dirjen Perbendaharaan Kemenkeu RI

Baca juga: Solusi digital diharapkan bantu UMKM bertahan dan naik kelas


"Kerja sama strategis dengan LinkAja ini kami lakukan sebagai upaya menuju digitalisasi organisasi untuk meningkatkan profesionalisme guru, dosen dan tenaga kependidikan di seluruh Indonesia," kata Ketua Umum Pengurus Besar PGRI Prof. Dr. Unifah Rosyidi, M.Pd.

Sebagai fasilitator resmi dalam kolaborasi ini, PT Pilar Tagihan Indonesia (Paybill) berkomitmen untuk melayani seluruh anggota pendidik dalam PGRI dan membantu mewujudkan digitalisasi PGRI.

"Kami harap dengan bantuan kami, bersama kita dapat mempercepat laju transformasi keuangan digital di sektor pendidikan," kata Direktur Utama PT Pilar Tagihan Indonesia Arief R. Yulianto.

Dengan ekosistem pembayaran yang paling lengkap, LinkAja dapat digunakan untuk memfasilitasi beragam transaksi digital hanya melalui satu dompet digital yang dapat memudahkan pendidik memenuhi kebutuhan esensial sehari-hari.

Seperti pembayaran tagihan, pembelian token listrik, transportasi, belanja di pasar tradisional, supermarket, e-commerce, hingga fitur yang spesifik bagi anggota PGRI seperti penyaluran dana bantuan dan dana apresiasi.

Selain itu, LinkAja telah menghadirkan Layanan Syariah LinkAja yang merupakan layanan uang elektronik syariah pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi kesesuaian syariah dari Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI).

Layanan Syariah LinkAja tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan esensial sehari-hari, namun juga dilengkapi dengan fitur pembayaran islami yang lebih spesifik seperti untuk pembayaran zakat, infak, kurban, investasi syariah, hingga pendaftaran haji secara online.

Baca juga: BSI-LinkAja sinergi tingkatkan inklusi keuangan digital syariah

Baca juga: LinkAja perkuat layanan syariah dengan Muslimat NU dan Paybill

Baca juga: LinkAja perluas ekosistem digital di sektor pendidikan

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021