Jangkauan penyaluran kami sudah kepada 503 kabupaten/kota dari 514 kabupaten/kota di seluruh Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Badan Layanan Umum (BLU) Pusat Investasi Pemerintah (PIP) telah menyalurkan pembiayaan ultra mikro (UMi) melalui berbagai lembaga keuangan bukan bank sebesar Rp17,16 triliun kepada 5,1 juta debitur sejak 2017 sampai 9 Desember 2021.

"Jangkauan penyaluran kami sudah kepada 503 kabupaten/kota dari 514 kabupaten/kota di seluruh Indonesia," ujar Direktur Kerja Sama, Pembiayaan, dan Pendanaan PIP Muhammad Yusuf dalam Media Gathering secara daring di Jakarta, Selasa.

Berdasarkan data PIP, sebanyak 95 persen penerima pembiayaan tersebut adalah perempuan, dengan mayoritas plafon pinjaman di bawah Rp5 juta atau 92 persen dari total pembiayaan.

Yusuf menjelaskan pihaknya turut menyediakan opsi pembiayaan syariah yang sampai dengan saat ini porsinya sudah mencapai 47 persen dari total penyaluran.

"Untuk mengakses pembiayaan UMi, para pelaku usaha ultra mikro bisa menghubungi atau mendapatkan pembiayaan melalui 51 lembaga keuangan bukan bank yang berada di Indonesia," ujarnya.

Menurut dia, lembaga tersebut antara lain yang terbesar yakni PT Permodalan Nasional Madani (PNM) dengan produk Mekaar, PT Pegadaian dengan produk Kreasi dan Gadai, serta tiga koperasi di Malang, Gresik, dan Makassar.

Selain penyalur langsung, terdapat pula skema tidak langsung melalui melalui PT Bahana Artha Ventura yang menyalurkan pembiayaan kepada pelaku usaha melalui lembaga keuangan mikro atau koperasi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Adapun alasan PIP menyalurkan seluruh pembiayaan UMi tersebut melalui berbagai lembaga keuangan bukan bank lantaran sebagian besar pelaku usaha atau sekitar 44 juta masih belum mendapatkan akses pembiayaan formal dari perbankan.


Baca juga: Sri Mulyani: Penyaluran pembiayaan UMi capai Rp14,1 triliun
Baca juga: Presiden Jokowi minta 23 juta UMKM dapat bantuan pembiayaan
Baca juga: Holding ultra mikro dinilai dongkrak penyaluran kredit UMKM

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021