akan terus berusaha agar program ini berjalan sesuai harapan
Tomohon (ANTARA) - Kota Tomohon, Sulawesi Utara meraih penghargaan 'Kota Cerdas Terbaik' kategori dimensi 'Smart Living' dari Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika.

"Penghargaan diberikan juga kepada kota/kabupaten lain di Indonesia di dalamnya Kota Manado, Kabupaten Minahasa, dan Minahasa Utara," kata Wali Kota, Caroll JA Senduk di Tomohon, Selasa.

Wali Kota Senduk usai menerima penghargaan mengatakan, capaian Kota Cerdas (Smart City) yang diperoleh saat ini adalah kesuksesan bersama pemerintah dan masyarakat.

"Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi tentu memberi kemudahan dalam pelayanan serta dinikmati juga oleh masyarakat," katanya.

Pemanfaatan teknologi dalam pelaksanaan pemerintahan daerah, menurut dia, akan mempertinggi efisiensi serta dapat memperbaiki pelayanan publik dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Hal ini adalah salah satu tujuan Smart City, Pemkot Tomohon akan terus berusaha agar program ini berjalan sesuai harapan, intinya untuk kepentingan dan kesejahteraan pemerintah dan seluruh masyarakat," ujarnya.

Pada kegiatan 'Indonesia Smart City Conference' yang digelar di International Convention Exhibition (ICE) BSD City Tangerang, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti 'Gerakan Menuju Smart City 2021'.

"Kominfo telah memberikan pendampingan penyusunan masterplan Smart City kepada 48 kota/kabupaten yang berada pada kawasan pariwisata prioritas nasional serta evaluasi implementasi program Kota Cerdas terhadap 100 kota/kabupaten yang terpilih pada 2017 - 2021," katanya.

Dalam kegiatam ini juga diberikan penghargaan kepada kepala daerah atas pencapaian penyusunan masterplan dan implementasi program 'Smart City'.

 

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021