Tetap banyak penggiat pelatihan vokasi menuliskan kisah kesuksesan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menegaskan pentingnya pelatihan vokasi dan peningkatan kualitas sumber daya manusia mengingat Indonesia akan mencapai masa bonus demografi yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.

"Peningkatan kualitas sumber daya manusia harus dilakukan secara cepat agar kita dapat bersaing di tingkat global dan memanfaatkan bonus demografi yang kita miliki," tegas Menaker Ida dalam Pelatihan Vokasi Award 2021 yang diikuti secara virtual dari Jakarta pada Kamis.

Ida menyebut kondisi ketenagakerjaan saat ini dan di masa mendatang menuntut para pekerja dapat belajar bekerja memanfaatkan waktu luang secara simultan dan terus-menerus untuk mengembangkan diri.

Hal itu menjadikan pelatihan vokasi, reskilling dan upskilling menjadi salah satu kebutuhan bagi para pekerja untuk meningkatkan kompetensi menghadapi persaingan.

Baca juga: Kemnaker tingkatkan kompetensi calon pekerja sambut bonus demografi

Baca juga: Menaker: SDM usia produktif harus disiapkan untuk Bonus Demografi


Ida mengatakan terdapat ancaman Indonesia menjadi negara yang "tua" dan "miskin" bila tidak memanfaatkan periode bonus demografi, di mana penduduk usia produktif akan lebih besar dari yang tidak produktif.

Peningkatan kompetensi perlu dilakukan untuk dapat mendorong tenaga kerja Indonesia bisa bersaing di tingkat global.

"Saya yakin pelatihan vokasi dengan berbagai keunggulannya akan menjadi solusi untuk percepatan pemenuhan kebutuhan tenaga kerja terampil," ujarnya.

Terkait Pelatihan Vokasi Award 2021 yang pertama kali diselenggarakan Kemnaker, dia mengatakan hal itu bukanlah sekedar merefleksikan torehan prestasi di bidang pelatihan vokasi tapi juga melambangkan spirit dan komitmen terus membangun keunggulan di tengah perubahan.

"Ketika kondisi sosial ekonomi diwarnai oleh aneka macam disrupsi dan ketidakpastian, ternyata tetap banyak penggiat pelatihan vokasi yang mampu menuliskan kisah kesuksesan dengan tinta emas. Ketangguhan mereka menjadi salah satu bukti kekuatan SDM Indonesia, yang tak gampang menyerah meski dihantam gelombang masalah, " demikian Ida Fauziyah.

Baca juga: Erick Thohir ingatkan pentingnya manfaatkan momen bonus demografi

Baca juga: ISED: Indonesia harus siapkan talenta digital hadapi bonus demografi


 

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021