Beijing (ANTARA) - Indonesia masih menjadi daya tarik di mata investor Hong Kong seiring dengan membaiknya iklim investasi dibandingkan dengan beberapa negara di Asia lainnya.

"Dalam beberapa tahun terakhir, investor Hong Kong memfokuskan diri ke Indonesia," kata Konsul Jenderal RI di Hong Kong Ricky Suhendar kepada ANTARA di Beijing, Kamis.

Salah satu investor yang dimaksud adalah Road King Infrastructure Ltd, perusahaan Hong Kong yang mengerjakan beberapa proyek jalan tol Trans-Jawa dan Trans-Sumatra.

Ada juga Combine Will Industrial Co Ltd yang telah mendirikan pabrik mainan di Indonesia.

Ricky menyebutkan investasi Hong Kong di Indonesia pada 2021 telah mencapai angka 3,1 miliar dolar AS (Rp44,5 triliun) atau naik 25,98 persen dibandingkan dengan investasi pada 2020.

Hong Kong menduduki peringkat kedua investasi asing di Indonesia setelah Singapura. Hong Kong naik satu peringkat di atas China dalam investasi asing di Indonesia.

"Walaupun di tengah situasi pandemi COVID-19, hubungan ekonomi Indonesia dan Hong Kong selama 2021 terus tumbuh dan terjalin dengan baik," kata Ricky.

Baca juga: Pekerja migran Indonesia di Hong Kong apresiasi bantuan KSP
Baca juga: Garuda Indonesia mulai layani kargo Makassar menuju Hong Kong

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2021