Jakarta (ANTARA) - Dalam sepekan terdapat beberapa berita yang banyak mendapatkan perhatian mulai dari Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengonfirmasi kasus varian Omicron di Indonesia dengan lima kasus probable atau kemungkinan.

Terdapat pula pemberitaan terkait vaksinasi dosis ketiga atau booster gratis diberikan kepada lanjut usia mulai Januari 2022.

Topik lain seperti gamelan yang ditetapkan UNESCO sebagai warisan budaya tidak benda, belasan kecamatan terendam banjir di Kabupaten Mandailing Natal di Sumatera Utara serta belasan rumah di Kabupaten Jember, Jawa Timur yang rusak akibat gempa bumi.

Berikut humaniora sepekan:

1. Seorang petugas kebersihan Wisma Atlet terkonfirmasi varian Omicron

Menks Budi Gunadi Sadikin mengonfirmasi seorang petugas kebersihan di Rumah Sakit Wisma Atlet Jakarta tertular varian COVID-19 baru yaitu Omicron, yang terkonfirmasi pada 15 Desember 2021.

2. Kemenkes deteksi lima kasus probable Omicron di Indonesia

Selain satu kasus yang sudah terkonfirmasi, Kementerian Kesehatan juga mendeteksi lima kasus probable Omicron yang melibatkan pelaku perjalanan internasional warga negara Indonesia dan asing.

3. Menkes: Vaksin penguat untuk lansia gratis

Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam pekan ini juga mengatakan bahwa vaksinasi COVID-19 dosis ketiga atau booster untuk kelompok lanjut usia akan diberikan secara gratis mulai Januari 2022.

4. Sidang UNESCO tetapkan gamelan sebagai warisan budaya tak benda

Sidang UNESCO sesi ke-16 di Paris, Prancis pada 15 Desember 2021 telah menetapkan gamelan sebagai warisan budaya tak benda, hal itu dipastikan oleh Duta Besar LBBP RI untuk Prancis, Andorra, Monako/Delegasi Tetap RI untuk UNESCO Mohamad Oemar.

5. 14 kecamatan di Mandailing Natal direndam banjir

Sebanyak 14 kecamatan di Kabupaten Mandailing Natal di Sumatera Utara dilanda banjir pada Sabtu (18/12) akibat tingginya curah hujan di kawasan tersebut.

6. Belasan rumah warga di Jember rusak akibat gempa bumi

Sementara pada Kamis (16/12), belasan rumah warga di beberapa kecamatan di Kabupaten Jember, Jawa Timur dilaporkan mengalami kerusakan akibat gempa bumi magnitudo 5,1 pada Kamis pukul 06.01 WIB.
 

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021