Kemungkinan besar akan kami siagakan juga nanti unit jibom di tempat-tempat ibadah yang prioritas di Kota Palu.
Kota Palu (ANTARA) - Unit Penjinak Bom (Jibom) Detasemen Gegana Brigade Mobile (Brimob) Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) ikut disiagakan pada perayaan Natal dan Tahun Baru 2022 pada tempat-tempat ibadah prioritas di Kota Palu.

"Kemungkinan besar akan kami siagakan juga nanti unit jibom di tempat-tempat ibadah yang prioritas di Kota Palu," kata Wakil Komandan Detasemen Gegana Brimobda Polda Sulteng AKP Muhammad Hasbi SY Labudu, usai sterilisasi di Gereja Toraja, Kota Palu, Jumat sore.

Ia menjelaskan sebelum penyiagaan unit jibom, pihaknya telah mendahulukan sterilisasi terhadap 16 gereja prioritas pada Jumat sore. Sterilisasi itu dilakukan oleh tiga tim wilayah Kota Palu dan Kabupaten Poso, dua tim berjumlah 15 personel di Kota Palu dan satu tim berjumlah lima personel di Kabupaten Poso.

Dalam sterilisasi itu, personel Brimobda Polda Sulteng menggunakan alat metal detector dan mirror detector saat penyisiran ke setiap sudut bangunan gereja. Bahkan anjing pelacak atau unit K9 diikutkan dalam antisipasi terhadap gereja-gereja yang masuk dalam kategori prioritas itu.

Sedangkan di luar gereja, kendaraan serta barang yang berada di lingkungan sekitar, tak luput dari pemeriksaan petugas. Sterilisasi itu dimaksudkan sebagai antisipasi serta menjamin kondusifnya perayaan Batal bagi umat Kristiani, Sabtu (25/12) besok.

"Tim kami yang ada di Poso itu koordinasi dan sterilisasinya bersama Polres Poso," ujarnya pula.

AKP Muhammad Hasbi mengingatkan agar masyarakat Kota Palu senantiasa saling mendukung setiap perayaan kegiatan keagamaan masing-masing umat, sebab persaudaraan tidak hanya terjalin saat memiliki keyakinan yang sama, melainkan juga persaudaraan sebangsa dan setanah air.

"Kita jaga kedamaian di Kota Palu ini, kita berharap perayaan Natal besok dan tahun baru nanti akan berjalan lancar, tertib, dan aman," katanya pula.

Belasan gereja yang menjadi sasaran sterilisasi itu, di antaranya adalah Gereja Imanuel, Gereja Eklesia, Gereja Toraja Elim Palu, Gereja Pantekosta, Gereja Santa Paulus, dan Gereja Bala Keselamatan, serta Gereja Santa Maria.

Kapolres Palu AKBP Bayu Indra mengungkapkan ada 705 personel gabungan dikerahkan untuk menjamin kondusifnya perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, di Kota Palu.

Personel gabungan yang akan terlibat dalam pengamanan Natal 2021 serta penyambutan Tahun Baru 2022 berasal dari TNI AD Kodim 1306/Donggala, Satpol PP Kota Palu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palu, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palu, Senkom Palu, BPBD Kota Palu, Basarnas Kota Palu, dan beberapa stakeholder terkait lainnya.

Sebanyak 705 personel gabungan itu, ia merinci 100 personel akan terlibat dalam Operasi Lilin Tinombala 2021-2022, 255 personel dalam pengamanan gereja, serta 250 personel berasal dari beberapa instansi terkait di Kota Palu.
Baca juga: Ratusan personel Satpol PP Jaksel ditempatkan di gereja
Baca juga: Kapolri meninjau pengamanan tahun baru di Puncak cegah lonjakan COVID

Pewarta: Kristina Natalia/Izfaldi Muhammad
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021