Kami berharap UMKM Center di Aceh ini dapat memperkuat kehadiran BSI sekaligus bermanfaat untuk meningkatkan kelas bagi UMKM di Aceh melalui berbagai program pembinaan agar pelaku UMKM dapat mengembangkan bisnisnya secara modern, terdigitalisasi bahk
Banda Aceh (ANTARA) - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) meluncurkan BSI UMKM Center di Provinsi Aceh sebagai bentuk dukungan nyata bank syariah terbesar di Tanah Air itu dalam mengembangkan usaha rakyat yang merupakan tulang punggung ekonomi nasional.

Direktur Utama BSI Hery Gunardi di Banda Aceh, Rabu mengatakan UMKM Center ini merupakan fasilitas dan layanan tersebut akan menjadi wadah bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam mendapatkan pelatihan, pembinaan, pembiayaan hingga membantu proses pemasaran produk.

"Kami berharap UMKM Center di Aceh ini dapat memperkuat kehadiran BSI sekaligus bermanfaat untuk meningkatkan kelas bagi UMKM di Aceh melalui berbagai program pembinaan agar pelaku UMKM dapat mengembangkan bisnisnya secara modern, terdigitalisasi bahkan mampu memasuki pasar global,” kata Hery.

Hery mengatakan kehadiran UMKM Center di Aceh merupakan bagian dari upaya BSI meningkatkan kapasitas dan kapabilitas pelaku usaha di segmen tersebut, sehingga terbentuk suatu ekosistem UMKM Indonesia yang unggul dan berkualitas.

Menurut dia, visi besar BSI untuk mendukung pengembangan pelaku UMKM beralasan kuat.

Hery menjabarkan bahwa UMKM menjadi tulang punggung pemulihan ekonomi Indonesia yang terdampak krisis akibat pandemi COVID-19.

Ia menyebutkan kontribusi segmen UMKM mencapai 61,07 persen atau senilai Rp8.573,89 triliun. Segmen UMKM mampu menyerap 97 persen dari total tenaga kerja yang ada, serta dapat menghimpun sampai 60,42 persen dari total investasi di Indonesia.

Secara nasional, jumlah pelaku UMKM pun mencapai 99 persen dari total usaha di Indonesia dan Banda Aceh terdapat kurang lebih 16.950 unit UMKM.

“Jika jumlah UMKM yang ada di seluruh Aceh, digabung dengan potensi bantuan pengembangan dari BSI dan impact-nya untuk kemaslahatan masyarakat Aceh. Karena itulah hari ini kita berkumpul disini meresmikan UMKM Center sebagai salah satu bentuk dukungan BSI untuk pengembangan UMKM di Aceh. BSI dan UMKM tidak bisa dipisahkan, BSI dan UMKM itu senafas dan seirama,” katanya.

Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyampaikan terima kasih atas peran serta BSI yang telah menghadirkan UMKM Center di provinsi ujung paling barat Indonesia itu.

“Kami mengajak semua pihak untuk berperan serta dalam pembangunan daerah khususnya pengembangan UMKM sesuai dengan sumber daya yang ada,” kata Nova Iriansyah dalam sambutan tertulis dibacakan Stah Ahli Gubernur Aceh, Iskandar Syukri.

Ia juga berharap apa yang dilakukan oleh BSI dapat dilanjutkan oleh entitas lainnya dalam menumbuhkan, mengembangkan dan mempromosikan berbagai produk UMKM di Aceh.

Baca juga: BSI akan berkontribusi untuk pembangunan ekonomi syariah di Aceh

Baca juga: BSI perkuat digitalisasi ekosistem Masjid di Bumi Serambi Mekkah

Baca juga: BSI Aceh sediakan 48 mesin ATM baru untuk tingkatkan layanan


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021