Jakarta (ANTARA) - Perangkat wearable akhir-kahir ini semakin disukai banyak orang karena menambah pengalaman menggunakan teknologi sekaligus memberikan kenyamanan saat beraktivitas.

Wearable merupakan istilah yang lumrah untuk menyebut gawai pintar yang bisa dikenakan di badan dan terhubung dengan ponsel pintar. Perangkat ini biasanya berupa gawai nirkabel dan harus menggunakan aplikasi tambahan supaya bisa tersambung ke ponsel pintar.

Perangkat yang termasuk wearable antara lain jam tangan pintar, headset, kacamata pintar dan earphone.

Baca juga: Samsung duduki peringkat kedua jual perangkat "wearable" secara global

Tahun depan, sederet perangkat wearable akan hadir, menawarkan fitur-fitur canggih dan teranyar.

1. Google Pixel Watch
Google disebut akan merilis jam tangan pintar tahun depan, bernama Google Pixel Watch. Pendekatan yang dilakukan Google untuk smartwatch cukup berbeda, alih-alih meluncurkan gawai, mereka lebih dulu memberikan perangkat lunak.

Tahun lalu, Google meluncurkan sistem operasi khusus jam tangan pintar, Wear OS 3, yang digunakan pertama kali oleh Samsung untuk Galaxy Watch 4.

Pixel Watch akan menjadi jam tangan pintar pertama dari Google. Bocoran informasi yang beredar menyebutkan dial perangkat ini berbentuk bulat dengan satu tombol di sisi kanan.

Jam tangan pintar ini akan memiliki fitur standard seperti pelacak kebugaran, pengukur denyut jantung dan penghitung langkah kaki.

Google akan memberikan fitur Google Assistant dan fitur yang selama ini ada di ponsel Pixel, mengenali suara dan mengubahnya menjadi teks.

Baca juga: Bocoran fitur Amazfit GTR 2 dan GTS 2

Google membeli perusahaan perangkat wearable Fitbit tahun lalu, namun, Pixel Watch ini akan menjadi perangkat yang berbeda dengan Fitbit.

Pixel Watch diperkirakan akan dijual dalam rentang harga yang sama dengan Apple Watch.

2. Apple Watch 8
Apple diperkirakan akan mempertahankan desain lama pada Apple Watch Seri 7 untuk jam tangan pintar yang meluncur tahun depan.

Layar Apple Watch Seri 8 diperkirakan akan berbentuk kotak dan sedikit lebih besar dibandingkan generasi sebelumnya.

Wearable seri terbaru ini diprediksi hadir dalam tiga ukuran, yang terbesar berukuran antara 41 sampai 45 milimeter.

Apple dikabarkan sedang bekerja untuk memberikan fitur-fitur kesehatan baru untuk Watch Seri 8, seperti pengukur tekanan darah, deteksi diabetes dan deteksi gangguan tidur sleep apnea.

Selain fitur-fitur di atas, Apple sejak tahun ini ingin menyematkan fitur pengukur suhu tubuh, yang bisa digunakan untuk mendeteksi demam, kesuburan sampai jam tidur.

Baca juga: Apple Watch Series 7 hadir dengan layar lebih besar

Tidak hanya fitur kesehatan, Apple disebut akan memberikan sensor mirip akselerometer untuk mendeteksi kecelakaan. Skenario yang dirancang, Apple Watch secara otomotasi akan menghubungi layanan gawat darurat jika terdeteksi kecelakaan.

Apple berencana membuat versi yang lebih kuat untuk Apple Watch seri 8, untuk pengguna yang menyukai kegiatan berat seperti atlet dan pendaki gunung.

3. Apple Glasses
Apple Watch Seri 8 bukan satu-satunya perangkat wearable yang akan diluncurkan Apple tahun depan. Kabar yang beredar, Apple sedang menyiapkan perangkat headset Apple Glasses.

Apple Glasses merupakan perangkat berteknologi augmented reality (AR) dan virtual reality (VR). Informasi lainnya menyebutkan akan ada dua wearable, berupa perangkat AR/VR dan kacamata pintar.

Perangkat AR/VR tersebut akan memiliki banyak kamera untuk mendeteksi gerakan tangan, lingkungan sekitar dan memblokir cahaya luar di sekitar agar tidak masuk ke bidang pandang. Analis industri berjuluk "ahli Apple" menyebut ada 15 kamera di perangkat itu".

Untuk mendukung headset AR/VR ini, Apple akan membuat toko aplikasi khusus untuk aplikasi dan konten game, streaming video dan konferensi video.

Baca juga: Apple uji coba produksi lensa kacamata pintar

Rumor lainnya menyebutkan Apple Glasses merupakan nama untuk kacamata pintar, yang berbentuk seperti kacamata biasa, namun, lensa dilengkapi layar interaktif yang bisa mendeteksi gerak isyarat.

Kacamata ini memiliki teknologi AR dan akan dijual sebagai aksesoris untuk iPhone

4. Cincin kebugaran Movano
Alih-alih jam tangan, Movano berencana meluncurkan cincin pintar pada pertengahan kedua tahun depan.

Belum diketahui apa nama perangkat ini, beberapa media menyebutnya "fitness ring", yang lainnya menyebut "smart ring".

Movano tahun lalu meluncurkan Oura Ring, cincin kebugaran yang bisa membaca suhu tubuh, denyut jantung dan kadar oksigen dalam darah.

Perangkat ini akan diperkenalkan pada pameran teknologi CES 2022 di Las Vegas, Amerika Serikat Januari depan.

Cincin pintar Movano terbaru ditujukan terutama untuk pengguna perempuan, antara lain berisi fitur dasar kebugaran seperti pemantau denyut jantung, waktu tidur dan penghitung langkah.

Baca juga: realme Watch 2 Pro, penunjang hidup sehat saat pandemi

Selain fitur standard, Movano juga akan menyematkan fitur pengukur kadar gula darah.

Kabar yang beredar, sebelum resmi meluncur, mereka akan membuat cincin versi beta untuk diuji coba.

5. Facebook Smartwatch
Meta Platforms Inc, nama baru Facebook Inc, dikabarkan sedang mengembangkan jam tangan pintar untuk diluncurkan tahun depan.

Jam tangan ini akan diluncurkan dengan nama Facebook Watch, menggunakan desain yang berbeda dengan smartwatch yang sudah beredar.

Facebook Watch akan dilengkapi dengan dua kamera, satu di depan dan satu lagi di belakang. Kamera tersebut akan bisa digunakan untuk panggilan video.

Sementara kamera di belakang, resolusi 108MP, bisa dilepas dari casing jam tangan. Belum diketahui apa fungsi kamera ini, namun, Meta dikabarkan akan menggandeng perusahaan lain untuk aksesoris yang bisa ditempeli kamera tersebut.

Perangkat yang akan dijual seharga 400 dolar Amerika Serikat ini juga bisa dipasangkan ke kacamata pintar yang sedang dikembangkan Meta.

Baca juga: Doogee luncurkan jam tangan pintar pertama mereka khusus wanita

Baca juga: OPPO Watch 2 edisi ECG diluncurkan di China, dibanderol Rp5 jutaan

Baca juga: Realme Band 2 diluncurkan dengan masa pakai baterai 12 hari

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021