Jamkrindo optimistis kinerja perseroan dapat meningkat pada 2022 seiring dengan berlanjutnya tren pemulihan ekonomi nasional
Jakarta (ANTARA) - PT Jamkrindo fokus bertumbuh dengan mengakselerasi inovasi dan pengelolaan risiko prudent untuk mendorong pencapaian target kinerja 2022. "PT Jamkrindo optimistis kinerja perseroan dapat meningkat pada 2022 seiring dengan berlanjutnya tren pemulihan ekonomi nasional," kata Direktur Utama PT Jamkrindo Putrama Wahju Setyawan dalam keterangan pers di Jakarta, Sabtu.


Putrama mengatakan perusahaan mengedepankan inovasi melalui pengembangan produk, bisnis, dan pengelolaan pemasaran yang efektif dengan risiko terukur dan prudent.

Beberapa inisiatif strategis yang akan dilakukan perusahaan antara lain melakukan pengembangan inovasi produk baru yang lebih selektif dan sesuai kebutuhan pasar, serta membangun model bisnis baru untuk peningkatan pangsa pasar.

“Di sisi lain, perusahaan secara terus-menerus memperbaiki sistem implementasi atau penerapan Enterprise Risk Management (ERM) pada setiap tahapan proses bisnis,” katanya.

Putrama mengatakan pada 2022, Jamkrindo menargetkan volume penjaminan sebesar Rp246 triliun, naik 13 persen dari prognosa 2021 sebesar Rp218 triliun.

Untuk mencapai target tersebut beberapa hal dilakukan antara lain memperkuat portofolio produk existing dan produk baru, serta melakukan kolaborasi berorientasi profitabilitas dengan berbagai pihak.

“Dalam rangka mengoptimalkan kinerja, kami mengedepankan pertumbuhan portfolio penjaminan yang berkualitas dengan memanfaatkan momentum pemulihan ekonomi nasional. Kami yakin, 2022 akan menjadi tahun yang lebih baik karena masyarakat telah berangsur-angsur beradaptasi dengan kondisi new normal,” kata Putrama.

Berbekal pencapaian kinerja positif pada 2021, Putrama mengatakan optimistis kinerja pada 2022 dapat terus meningkat, terlebih Jamkrindo telah memiliki modal yang sangat cukup untuk menjaga akselerasi pengembangan bisnis tahun depan.

“Berbagai transformasi telah kami lakukan mulai dari sisi layanan, teknologi, pengembangan talenta SDM, operasional, dan sebagainya. Transformasi yang telah dilakukan merupakan modal awal untuk menatap tahun 2022 lebih optimistis,” katanya.

PT Jamkrindo merupakan perusahaan penjamin kredit terbesar di Indonesia. Sebagai perusahaan penjaminan kredit, Jamkrindo memiliki berbagai produk, baik produk penjaminan program maupun penjaminan nonprogram.

Pada penjaminan program, PT Jamkrindo memiliki produk penjaminan kredit usaha rakyat (KUR) dan penjaminan kredit modal kerja (KMK) dalam rangka program pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Untuk penjaminan nonprogram, produk penjaminannya adalah penjaminan kredit umum, penjaminan kredit mikro, penjaminan kredit konstruksi dan pengadaan barang/jasa, penjaminan distribusi barang. Kemudian surety bond, customs bond, penjaminan supply chain financing (invoice financing), dan penjaminan kredit lainnya.

Selain fokus pada kegiatan bisnis, Jamkrindo juga memberi perhatian serius pada program pemberdayaan masyarakat dan program bantuan sosial melalui kegiatan tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL).

Sebagai bagian dari holding Indonesia Financial Group (IFG), Jamkrindo berkomitmen untuk menghadirkan perubahan di bidang keuangan khususnya penjaminan yang akuntabel, prudent, dan transparan dengan tata kelola perusahaan yang baik dan penuh integritas.

Baca juga: Jamkrindo yakin kinerja tahun ini lampaui target
Baca juga: Anggota DPR: Kehadiran Jamkrindo bisa jadi solusi bagi UMKM
Baca juga: Jamkrindo promosikan UMKM binaan di ajang World Superbike 2021

Pewarta: Ahmad Buchori
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022