Jakarta (ANTARA) - Sektor internet China membukukan pertumbuhan pendapatan dan laba bisnis yang kuat dalam 11 bulan pertama 2021, serta menjadi pendorong utama untuk menopang pertumbuhan ekonomi negara itu.

Pendapatan bisnis perusahaan internet besar dan layanan terkait di negara tersebut mencapai sekitar 1,42 triliun yuan (1 yuan = Rp2.238) selama periode itu, melonjak 22,3 persen dari tahun lalu, demikian data dari Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China.

Secara khusus, pendapatan dari layanan-layanan informasi mempertahankan pertumbuhan cepat, berkat kinerja yang kuat dari penyedia layanan audio dan video, perusahaan gim daring (online), dan platform berita.

Dari Januari hingga November, perusahaan-perusahaan internet besar dan layanan terkait meraup total laba sebesar 128 miliar yuan, meningkat 14,8 persen dari periode yang sama tahun lalu, menurut data kementerian tersebut.

Pengeluaran untuk penelitian dan pengembangan di perusahaan internet besar dan layanan terkait naik 5,6 persen secara tahunan (yoy) menjadi 67,01 miliar yuan dalam 11 bulan pertama. Tingkat pertumbuhan naik 3 poin persentase dari yang tercatat dalam 10 bulan pertama.

Statistik Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China mencakup perusahaan-perusahaan dengan pendapatan tahunan dari layanan internet di atas 5 juta yuan pada tahun sebelumnya. 
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022