AP II langsung melakukan tes PCR kepada seluruh petugas
Tangerang (ANTARA) - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Bandara Soekarno - Hatta Tangerang Banten mengungkapkan petugas laboratorium yang diketahui positif COVID-19 telah dirujuk ke tempat isolasi yang disiapkan pemerintah.

Koordinator Pengendalian Karantina Dan Surveilans Epidemiologi KKP Kelas I Soekarno-Hatta dr. Tunggul Birowo MH di Tangerang Rabu dalam keterangannya mengatakan sejumlah tindakan telah dilakukan menyusul diketahuinya adanya sejumlah petugas laboratorium di bandara yang terinfeksi COVID-19.

"Petugas yang dinyatakan positif COVID-19 telah dirujuk ke tempat isolasi yang disiapkan oleh pemerintah. Terhadap kontak erat telah dilakukan tracing dan testing," ujarnya.

Kemudian telah juga dilakukan kegiatan berupa tracing terhadap seluruh kasus di wilayah oleh dinas kesehatan setempat
serta pemeriksaan PCR kepada seluruh petugas yang terlibat di area Terminal 3 kedatangan internasional Bandara Soekarno-Hatta

"Spesimen hasil pemeriksaan telah dikirim ke Litbangkes untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Kini dilakukan juga tindakan sesuai protokol kesehatan seperti disinfeksi secara berkala di setiap area terminal penumpang pesawat," katanya.

Baca juga: Pemkot telusuri kasus di bandara terkait dua pegawai positif COVID-19
Baca juga: Polisi maksimalkan tracing setelah petugas bandara terpapar COVID-19

Lalu pihaknya juga memastikan jika seluruh petugas yang bekerja di Bandara Soekarno-Hatta, baik dari AP II, petugas laboratorium, atau dari instansi lainnya juga telah mendapatkan vaksinasi COVID-19 dosis lengkap.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah sebelumnya menuturkan satu pegawai di Bandara Soekarno - Hatta Tangerang Banten dan tinggal di wilayah Kota Tangerang diketahui positif COVID-19.

"Kita dapat informasi jika dua pegawai yang bekerja di Bandara Soetta dan tinggal di Kota Tangerang terkonfirmasi positif COVID-19. Kini Dinkes sedang berkoordinasi dengan pihak Bandara untuk melakukan tracing," kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Karawaci, Rabu.

Wali Kota Arief mengatakan, pihaknya belum mengetahui jenis kasus COVID-19 yang dialami kedua pegawai Bandara Soetta tersebut. "Belum tau itu jenis Omicron atau Delta. Intinya kasus positif COVID-19," kata dia.

SM of Branch Communication & Legal Bandara Soekarno-Hatta M. Holik Muardi di Tangerang Rabu dalam keterangannya menuturkan Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Soekarno - Hatta Tangerang Banten telah melakukan tes PCR kepada 87 orang di Terminal 3 setelah ditemukan adanya kasus positif COVID-19 seorang tenaga kesehatan atau petugas laboratorium

“Saat ada informasi tenaga kesehatan atau petugas laboratorium terpapar COVID-19, AP II langsung melakukan tes PCR kepada seluruh petugas yang bertugas di Terminal 3 Internasional mulai dari Aviation Security, Tim Operation & Service dan Cleaning Service. Saat ini sudah dilakukan tes PCR terhadap 87 orang petugas di Terminal 3 Internasional dan hasilnya seluruhnya diketahui negatif dari COVID-19. Hari ini akan dilakukan lagi tes. Secara berkala, tes PCR ini dilakukan rutin bagi petugas Terminal 3 Internasional,” katanya.

Baca juga: Sembilan pekerja Bandara Soekarno-Hatta terpapar COVID-19

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022