Jakarta (ANTARA News) - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memberikan penilaian Wajar Tanpa Pengecualian Dengan Paragraf Penjelasan (WTP DPP) terhadap hasil laporan keuangan tahun 2010 Kepolisian Negara RI.

"Penilaian ini masih cukup bagus sekali dan bertahan, tahun lalu opini adalah wajar tanpa pengecualian dengan tak ada penjelasan," kata Ketua BPK, Hadi Purnomo di Jakarta, Selasa.

Penilaian yang diberikan untuk laporan keuangan Polri termasuk tertinggi dan cuma untuk kementerian, ujarnya.

"Penilaiannya yakni fakta kelola keuangan negara sudah sesuai dengan akuntasi pemerintah, kemudian Sistem Pengendalian Internal (SPI) sudah memadai sebagaimana standar pemeriksaan keuangan negara," kata Hadi, menjelaskan.

Penjelasan adanya SPI masalah pencatatan soal penerimaan negara bukan pajak, tapi tidak material sehingga BPK melihat ini termasuk WTP, katanya.

"Kemudian sesuai dengan pelaksanaan perundang-perundangan yang berlaku dan keempat keterbukaan terhadap data memadai," kata Hadi.

Selain Polri, yang memiliki nilai yang paling bagus diantaranya adalah Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Badan Intelijen Negara (BIN), katanya.

Menanggapi penilaian terhadap Polri, Kepala Kepolisian Negara RI, Jenderal Pol Timur Pradopo mengatakan bahwa pada intinya komitmen dan penilaian ini menjadikan semangat untuk tugas selanjutnya.

"Terutama dalam pengelolaan keuangan, sehingga bagian kita sebagai aparat yang bisa bersih dan bebas KKN, itu yang saya kira jadi komitmen," kata Timur.
(S035)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2011