Jakarta (ANTARA) - Daniil Medvedev menjadi penyelamat bagi tim Rusia dengan mencetak satu kemenangan demi mengimbangi keunggulan Kanada pada babak semifinal Piala ATP 2022 di Sydney, Sabtu.

Petenis peringkat dua dunia membungkam perlawanan Felix Auger-Aliassime dengan 6-4, 6-0 dan memaksa hasil penentuan menuju pertandingan di nomor ganda putra.

"Sangat sulit bagi saya untuk mengawali pertandingan. Saya harus memikirkan cara untuk mematahkan servisnya. Dia punya servis dan teknik yang bagus," ujar Medvedev setelah pertandingan, demikian laporan ATP menyebutkan.

Baca juga: Shapovalov buka kemenangan awal bagi Kanada di semifinal Piala ATP

Sebelum akhirnya mendominasi permainan, Medvedev hanya berusaha bertahan dari serangan Felix yang terbilang berani. Hanya butuh satu kesalahan kecil untuk mengubah tekanan dan membalikkannya menjadi keuntungan yang dominan.

Felix memasuki lapangan dengan penuh percaya diri setelah sebelumnya sempat mengalahkan dua kali juara ATP Finals Alexander Zverev di hari Kamis.

Namun Medvedev sukses membuat frustrasi petenis Kanada itu dengan permainan mobilitas tinggi di seluruh area lapangan, dan mencetak kemenangan di menit ke-69.

Medvedev memenangkan 88 persen dari poin servis pertamanya dan melewati pertandingan tanpa menghadapi break point. Lewat kemenangan ini, Medvedev memimpin catatan pertemuan ATP 3-0 atas Felix. Keduanya terakhir bertemu di semifinal US Open 2021 di Flushing Meadows, New York.

Baca juga: Spanyol singkirkan Polandia menuju final ATP Cup 2022
Baca juga: Pablo Carreno Busta buka kemenangan bagi Spanyol di semifinal

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022