Beijing (ANTARA) - Perusahaan penyewaan rumah dan penginapan berbasis daring Airbnb merambah Xinjiang menyusul perusahaan besar asal Amerika Serikat lainnya Tesla yang telah membuka diler di wilayah baratlaut China yang dihuni etnis minoritas Muslim Uighur tersebut.

Ada lebih dari 300 properti di Urumqi, Ibu Kota Daerah Otonomi Xinjiang,  ditawarkan melalui platform Airbnb sebagaimana laporan media China, Minggu.

Sebelumnya raksasa otomotif berenergi terbarukan asal Texas, AS, membuka diler di Xinjiang pada pekan lalu.

Kemudian diikuti oleh Airbnb yang berkantor pusat di California, AS.

Pembukaan dua perusahaan besar berjaringan global itu dilakukan di tengah AS menjatuhkan sanksi terhadap sejumlah perusahaan dari Xinjiang terkait dengan adanya dugaan pelanggaran hak asasi manusia.

Dua anggota parlemen AS, Jumat (8/1), mengirimkan surat kepada Airbnb untuk menanyakan daftar beberapa propertinya di Xinjiang karena ada yang berdiri di atas lahan milik perusahaan setempat yang terkena sanksi AS pada 2020.

Para anggota parlemen AS tersebut juga mempertanyakan Airbnb yang menjadi sponsor Olimpiade Musim Dingin (Winter Olympic) di Beijing bulan depan.

"Tidak biasanya politikus AS menekan pengusaha. Ini mencerminkan pemerintah AS menghadapi tantangan domestik yang meningkat, seperti perpecahan sosial, sekaligus menunjukkan kebingungan Washington dalam memosisikan hubungan AS-China pada tataran global," kata Prof Li Haidong dari Institut Hubungan Internasional, China Foreign Affairs University, dikutip Global Times.

Sebelumnya hal yang sama juga dilakukan AS dengan mendesak CEO Tesla Elon Musk untuk menutup dilernya di Xinjiang.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin mengemukakan bahwa kebohongan tentang Xinjiang yang dibuat oleh beberapa negara tidak dapat mengaburkan stabilitas, ketenangan, kemakmuran, dan kerukunan antarumat beragama di Xinjiang. 

Baca juga: Perusahaan EV China ramai-ramai gandeng Nvidia untuk saingi Tesla

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2022