Jakarta (ANTARA/JACX) - Burung dengan ukuran separuh orang dewasa yang dilepaskan dari kandang ke alam menjadi pembicaraan warganet di platform TikTok karena diklaim sebagai burung garuda.

Burung itu lantas membentangkan sayapnya sesaat setelah keluar dari kandang dan berjalan di padang rumput. Di sekitarnya, tampak sejumlah orang yang menyaksikan, sekaligus mengabadikan momentum itu lewat ponsel.

Konten yang muncul pada 3 Desember 2021 itu merupakan video singkat disertai gambar garuda yang juga lambang negara Indonesia.

Selain gambar garuda, terdapat pula tulisan "GARUDA DI DADAKU" pada video itu.

Video itu sudah diputar hingga 11 juta kali dan disukai oleh lebih dari satu juta pengguna lain TikTok.

Namun, benarkan burung yang tampak dalam video tersebut merupakan burung garuda?


Penjelasan:
Berdasarkan penelusuran ANTARA, video tersebut berasal dari salah satu pengguna Instagram asal Turki (https://www.instagram.com/reel/CVNoVWWD6Il/?utm_medium=copy_link) yang diberi keterangan ‘Sudut kebebasan burung nasar dilepas ke alam setelah dirawat’. Video itu diunggah pada 19 Oktober 2021.

Namun, burung dalam unggahan tersebut bukanlah burung garuda, melainkan burung nasar atau burung bangkai griffon.

Menurut Wikipedia, burung bangkai atau disebut juga burung nasar atau burung hering adalah burung pemakan bangkai dan binatang yang telah mati, baik secara alami maupun karena dibunuh.

Hering dapat ditemui di semua benua, kecuali Antartika dan Oseania. Karakteristik hering adalah kepalanya yang botak, tidak ada bulu kecuali bulu halus.
 
Kaim: Video burung garuda
Rating: Disinformasi

Cek fakta: Hoaks! Penerima vaksin COVID-19 lebih mudah terinfeksi Omicron dibandingkan nonvaksin

Baca juga: Burung Garuda berhasil dilepasliarkan di Merapi

Baca juga: Burung Garuda "sedap malam" ingin rekor MURI

Pewarta: Tim JACX
Editor: Hanni Sofia
Copyright © ANTARA 2022