Bandung (ANTARA News) - Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI George Toisutta mengatakan ada tiga calon penggantinya dari tujuh bintang tiga yang kini aktif.

"Dari sisi usia ketujuh orang itu kini tinggal tiga," katanya, usai peresmian rumah susun sewa bagi prajurit Batalyon Infanteri Lintas Udara 330 Kostrad di Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jabar, Jumat.

Tentang tiga nama calon dimaksud, George enggan merinci lebih jauh.

"Ya kalian wartawan sudah lebih tahu lah...," katanya berseloroh sambil tertawa lepas.

Jenderal George Toisutta dilantik menjadi Kasad oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada November 2009.

Toisutta yang lulusan Akademi Militer 1976 itu akan memasuki masa purna bhakti pada Juni 2011.

Saat ini tercatat ada tujuh perwira tinggi yang berpeluang menduduki kursi orang nomor satu di matra darat yakni Letjen Johanes Surjo Prabowo (Kasum TNI), Letjen Hotmangara Pandjaitan (Sesmempolhukam), dan Letjen Budiman (Wakasad).

Terdapat pula nama Letjen Pramono Edhie Wibowo (Pangkostrad), Letjen Marciano Norman (Dankodiklat AD), Letjen Muhammad Noer Muis (Staf Khusus Panglima TNI) dan Letjen Syarifudin Tipe (Rektor Universitas Pertahanan).

Namun, berdasarkan analisa yang beredar ada tiga calon kuat yaitu Pangkostrad Letjen TNI Pramono Edhie Wibowo yang juga adik ipar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Letjen TNI Budiman dan Kepala Kodiklatad Letjen Marciano Norman.(*)
(T.R018/S019)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011