Sekarang saya benar-benar bisa mengabdikan diri saya ke program balap mobil di level yang tinggi dan dengan pendekatan profesional yang tepat
Jakarta (ANTARA) - Legenda MotoGP Valentino Rossi pada Kamis mengumumkan dirinya bakal memulai babak baru dalam karier membalapnya dengan berkompetisi di ajang GT World Challenge Europe.

Rossi akan membalap selama satu musim penuh yang terdiri atas 10 seri untuk tim WRT asal Belgia, mengendarai mobil Audi R8 LMS yang akan dibubuhi nomor ikonik sang juara dunia sembilan kali #46.

WRT lewat laman resminya pada Kamis mengatakan Rossi akan berkompetisi di kategori Endurance dan Sprint bersama tim juara bertahan tersebut, didampingi oleh para pebalap dari Audi Sport yang akan diumumkan lebih lanjut untuk kedua kategori tersebut.

Baca juga: Valentino Rossi dilantik masuk Hall of Fame MotoGP

Rossi juga pada Desember tahun lalu telah mengikuti sesi tes privat bersama tim WRT di Valencia.

"Saya yakin banyak fan akan senang seperti kami karena Vale memulai karier barunya di roda empat dan dia melakukannya di GT, dengan tim WRT dan Audi," kata CEO tim WRT Vincent Vosse.

"Kita semua tahu bagaimana hebatnya vale sebagai seorang juara dunia sepeda motor dan tokoh di dunia olahraga, tapi lebih dari itu, dia adalah pebalap sejati dan olahragawan yang sangat profesional dan kompetitif, bersemangat untuk meraih kesuksesan dalam tantangan baru yang ia pilih."

Rossi pensiun dari MotoGP pada pengujung musim 2021 namun tak perlu waktu lama bagi pebalap berusia 42 tahun itu untuk kembali mengaspal.

Berkarier hampir tiga dekade di MotoGP, The Doctor juga dikenal sebagai pebalap yang menyukai balapan roda empat, sempat turun di kejuaraan reli dan endurance racing.

Ia mengaku senang bergabung dengan tim barunya dan tak sabar lagi untuk memulai petualangan barunya.

Baca juga: Rossi 'menyesal' pensiun setelah akhir pekan spesial di Valencia

"Setiap orang tahu bahwa saya merupakan fan besar balap mobil dan saya selalu tertarik membalap dengan roda empat setelah karier MotoGP saya selesai," kata Rossi.

"Sekarang saya benar-benar bisa mengabdikan diri saya ke program balap mobil di level yang tinggi dan dengan pendekatan profesional yang tepat.

"Tim WRT sangat cocok dan saya tak sabar lagi memulai petualangan baru di GTWCE ini bersama mereka."

Sirkuit Imola, Italia akan menjadi tuan rumah seri pertama GTWCE pada 1-3 April nanti.

Nama Valentino Rossi juga masih akan menghiasi paddock MotoGP musim ini di saat skuad VR46 bakal debut di kelas premier lewat duet Luca Marini dan Marco Bezzecchi.

Tim milik Rossi itu akan menggunakan mesin Ducati.

Baca juga: #GrazieVale: Valentino Rossi menutup karier di Valencia
Baca juga: MGPA undang Valentino Rossi sapa penggemar dan jajal Sirkuit Mandalika

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022