Jakarta (ANTARA) – Kualitas udara sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat pada masa ini, termasuk kebutuhan udara bersih dan sehat di transportasi umum. Guna meningkatkan kualitas udara di gerbong kereta, PT Kereta Api Indonesia (KAI) bekerjasama dengan Panasonic dalam melengkapi Rangkaian Kereta Sembrani dengan Air-E Generator berteknologi nanoe™ X. Kerjasama tersebut diresmikan pada Selasa, 11 Januari 2022 di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.

Kerjasama antara KAI dan Panasonic Gobel Indonesia (PGI) ini merupakan terobosan penting dalam menjaga kesehatan di masa sekarang, dan tentunya berdampak pada meningkatnya kenyamanan penumpang kereta yang merupakan moda sarana transportasi umum favorit di Indonesia. Menurut Badan Pusat Statistik, jumlah pengguna kereta api pada Januari – Juni 2020 mencapai 9.200 orang perhari. Oleh karena itu, kerjasama ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas udara bersih dari manfaat teknologi nanoe™ X yang mampu mengambat bakteri, PM 2.5 dan virus berbahaya seperti COVID-19.

Tomonobu Otsu, President Director PT PGI mengatakan, Panasonic sebagai brand terkemuka di dunia memiliki komitmen untuk terus menghadirkan inovasi dalam hal teknologi dengan kualitas tingkat tinggi untuk pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat luas. Maka dari itu, bentuk kerjasama ini merupakan kontribusi nyata terhadap peningkatan kualitas udara dalam ruangan saat pelanggan menggunakan transportasi umum.

"Alasan Panasonic mengambil bagian dalam kerjasama dengan KAI, karena kami memiliki tujuan yang sama yaitu memberikan pelayanan terbaik sesuai kebutuhan pelanggan. Panasonic mendukung acara ini sebagai langkah untuk bersama sama memberikan kontribusi terhadap pelayanan melalui inovasi teknologi, untuk mewujudkan udara bersih di dalam Kereta Api yang berdampak pada peningkatan kesehatan serta memberikan rasa aman dan nyaman kepada pelanggan, terutama di masa pandemi saat ini”, ujar Tomonobu Otsu.

Rawenda Head of Indoor Air Quality Solutions PT PGI menambahkan, Panasonic terus berusaha menciptakan produk yang tidak hanya canggih, tapi juga memiliki kebermanfaatan bagi kehidupan masyakat, terutama dalam hal peningkatan kualitas udara.

Air-e Generator yang telah dipasangkan di Kereta Api Sembrani memiliki teknologi nanoe™ X yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri, PM 2.5 dan virus berbahaya seperti COVID-19 hingga 99,99%. Selain menghambat novel coronavirus (SARS-CoV-2), teknologi nanoe™ milik Panasonic telah terverifikasi memiliki efek penghambatan dengan manfaat radikal hidroksil pada empat varian virus corona baru yaitu Alpha, Beta, Gamma, dan Delta, berdasarkan hasil uji oleh lembaga penelitian Japan Textile Products Quality and Technology Center (QTEC).

“Kerjasama antara PT PGI dan PT KAI merupakan salah satu upaya dalam rangka menekan angka penyebaran Virus COVID-19. Dengan pemasangan 70 buah produk Air-E Generator di rangkaian Kereta Api Sembrani, dapat menjadi solusi peningkatan kualitas udara agar seluruh masyarakat bebas bepergian menggunakan Kereta Api tanpa rasa khawatir dan bebas dari virus berbahaya”, tutup Rawenda.


Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2022