Jakarta (ANTARA) - Perusahaan transportasi penumpang Bluebird berkolaborasi bersama bank BCA pada Senin meluncurkan menu pesan taksi pada fitur “lifestyle” di aplikasi BCA mobile untuk memudahkan akses bagi pelanggan dan mendorong ekosistem masyarakat nirtunai (cashless society).

“Dengan hadirnya Bluebird sebagai fitur penyedia transportasi di BCA mobile tentunya ini menambah akses atau channel bagi seluruh masyarakat, khususnya pengguna BCA mobile, serta memudahkan untuk dapat mengakses memenuhi kebutuhan mobilitasnya,” kata Wakil Direktur Utama Bluebird Andre Djokosoetono saat konferensi pers virtual.

Kolaborasi tersebut, kata Andre, merupakan salah satu implementasi dari strategi perusahaan untuk bertransformasi ke ekosistem digital, yakni multi-akses atau multi-channel. Dengan menerapkan strategi ini, pihaknya berharap dapat meningkatkan porsi penggunaan akses digital pada pelanggan Bluebird.

“Dengan pilar multi-channel, ini Bluebird meyakini bahwa untuk mendekatkan diri kebutuhan masyarakat yang mau bermobilitas tidak harus melalui aplikasi kami,” ujarnya.

Baca juga: Bluebird vaksinasi seluruh pengemudi dan karyawan di area Jabodetabek

Bluebird sendiri memiliki aplikasi MyBlueBird yang menyediakan layanan pesan taksi tidak hanya untuk jenis taksi reguler, tetapi juga mencakup Silverbird dan Goldenbird. Namun untuk BCA mobile, Andre mengatakan saat ini layanan yang disediakan masih terbatas pada taksi reguler saja.

Pengguna BCA mobile dapat memesan taksi Bluebird dengan klik fitur "Lifestyle" pada aplikasi, kemudian klik menu "Taksi" serta masukkan lokasi penjemputan dan tujuan. Tarif yang dibayarkan secara otomatis terhubung dengan metode transaksi mobile banking pengguna.

Sama seperti dalam MyBlueBird, pengguna BCA mobile juga bisa menggunakan fitur fixed price dan langsung bisa bertransaksi sesuai dengan harga yang tertera di aplikasi.

Wakil Presiden Eksekutif BCA, I Ketut Alam Wangsawijaya, mengatakan kolaborasi dengan berbagai pihak dilakukan mendukung pemulihan ekonomi di Indonesia.

Melalui kolaborasi dengan Bluebird, Ketut mengatakan pihaknya juga bertujuan untuk mendorong ekosistem cashless sehingga dapat menyumbang dampak positif dan peningkatan produktivitas masyarakat dengan penggunaan aplikasi digital.

“Digitalisasi menjadi elemen penting dalam menjalankan bisnis. Banyak hal yang sudah terintegrasi secara digital dan membuat aktivitas semakin simpel,” katanya.

Untuk menyambut peluncuran kolaborasi ini, Bluebird dan BCA menawarkan diskon 30 persen untuk pelanggan yang memesan taksi melalui aplikasi mobile banking BCA. Penawaran tersebut berlaku mulai hari ini hingga 6 Februari.

Andre berharap peningkatan transaksi dapat terjadi melalui akses digital yang baru ini. Pihaknya juga secara berkelanjutan akan meninjau kembali inovasi fitur lain yang bisa diterapkan sehingga menambah kemudahan dan memenuhi kebutuhan para pengguna BCA mobile.

Senada dengan Andre, Ketut juga berharap sinergi antara BCA dan Bluebird dapat berlangsung lebih kuat untuk melanjutkan layanan yang terbaik bagi konsumen BCA maupun Bluebird.

Baca juga: KAI - Bluebird hadirkan layanan pemesanan taksi melalui KAI Access

Baca juga: GoPay kini jadi opsi pembayaran di aplikasi MyBluebird

Baca juga: PMI gandeng Bluebird jemput penyintas COVID donorkan plasma konvalesen

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022