Jakarta (ANTARA) - Kepala Kepolisian Resor Metro Jakarta Utara Komisaris Besar Polisi Wibowo mengungkapkan, anggota TNI berinisial S (23) dan dua warga lainnya dikeroyok oleh enam orang di di kawasan Waduk Pluit, Penjaringan, pada Minggu (16/1) dinihari.

Polisi sudah memeriksa tiga orang yang diduga terkait kasus penganiayaan hingga menewaskan anggota TNI AD tersebut dan melukai dua warga lainnya.

Tiga orang yang telah diperiksa, kata Wibowo di Lantai 3 Markas Polres Metro Jakarta Utara, Senin, yakni berinisial R serta dua orang saksi lainnya.

Dari hasil pemeriksaan, didapatkan hasil bahwa pelaku berjumlah enam orang. Sedangkan korbannya tiga orang, yakni satu dari anggota TNI yang meninggal dunia dan dua dari masyarakat dan pedagang setempat.

"Kami sudah amankan tiga orang. Satu sudah dijadikan tersangka berinisial R, dua orang sebagai saksi," katanya.

Baca juga: TNI AD dalami prajurit Kopassus jadi korban pengeroyokan

Wibowo mengatakan, satu tersangka berinisial R yang saat ini ditahan di Markas Kepolisian Sektor Metro Penjaringan guna penyelidikan lebih lanjut bukan merupakan pelaku penusukan, namun ikut membantu pengeroyokan korban S.

"Perlu kami sampaikan peran R ini membantu memiting korban ketika korban ini dipukul oleh tersangka B," kata Wibowo.

Wibowo menambahkan, R dibekuk di kawasan Pademangan, Jakarta Utara.

Selanjutnya, tersangka yang menusuk korban S hingga meninggal dunia adalah pria berinisial B. Kini B dan keempat tersangka pengeroyokan lainnya masuk daftar pencarian orang (DPO).

"Tersangka B dan lima rekannya berstatus DPO. Tersangka B ini yang melakukan penusukan terhadap korban hingga mengakibatkan korban meninggal dunia," kata Wibowo.

Wibowo meminta masyarakat terus mempercayakan serta mendoakan polisi agar bisa menangkap seluruh tersangka dan menyelesaikan penyelidikan kasus ini.

Baca juga: LPSK jamin pelindungan saksi pengeroyokan anggota TNI/Polri di Blok M

Wibowo mengatakan, sejumlah saksi di lokasi kejadian sudah diperiksa oleh tim gabungan Polsek Metro Penjaringan bersama Kepolisian Resor Metro Jakarta Utara.

Hingga kini total saksi yang sudah diperiksa mencapai 11 orang. Berdasarkan informasi saksi-saksi yang diperiksa, kejadian itu bermula dari enam tersangka sedang mencari seseorang di kawasan Waduk Pluit, Jakarta Utara, pada Minggu sekitar pukul 03.00 WIB dinihari.

Para tersangka mendatangi korban yang saat itu sedang meneguk kopi bersama rekannya SM di salah satu warung di kawasan Waduk Pluit tersebut.

Namun terjadi cekcok hingga pengeroyokan yang berakibat S meninggal dunia setelah tersangka B memukul dan menusuknya.

Dua korban lainnya, yakni SM dan S turut menjadi sasaran pengeroyokan hingga SM harus menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Atmajaya karena kondisinya kritis. Sedangkan S mengalami luka sabetan ringan.
Baca juga: Polisi tangkap pelaku pemukulan terhadap anggota TNI

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022