Jakarta (ANTARA) - Telkomsel membentuk anak perusahaan PT Telkomsel Ekosistem Digital guna memperkuat ekonomi digital Indonesia.

“Telkomsel ingin terus memberikan manfaat kepada masyarakat dengan mengoptimalkan kapabilitas digital trifecta (digital connectivity, digital platform, dan digital service) yang dimiliki untuk mendorong perluasan portofolio bisnis di berbagai sektor, terutama yang dapat memperkuat perekonomian digital nasional," ujar Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Ia berharap PT Telkomsel Ekosistem Digital mendorong lebih banyak solusi karya talenta digital lokal serta membuka peluang kolaborasi bersama para pelaku bisnis dan perusahaan digital, meningkatkan potensi talenta digital anak bangsa sehingga dapat semakin mematangkan kemandirian digital Indonesia. 

Sebagai anak perusahaan Telkomsel, PT Telkomsel Ekosistem Digital akan diposisikan sebagai holding company yang menaungi beberapa anak perusahaan dari emerging portfolio bisnis vertikal Telkomsel di bidang sektor digital. Pembentukannya juga untuk membuka peluang serta mempermudah inovasi pemanfaatan teknologi digital terkini.

Baca juga: Erick mendorong Telkomsel bangun ekosistem bagi anak muda jadi kreator

Pada tahap awal PT Telkomsel Ekosistem Digital akan bergerak di bawah kepemimpinan Andi Kristianto sebagai Chief Executive Officer (CEO), Andry Firdiansyah sebagai Chief Financial Officer (CFO) dan Chief Human Resource Officer (CHRO), dan Luthfi K. Arif sebagai Chief Technology Officer (CTO).

PT Telkomsel Ekosistem Digital juga akan segera mengumumkan brand name yang ke depannya akan digunakan sebagai identitas bisnis.

"PT Telkomsel Ekosistem Digital akan mengoptimalkan keunggulan aset dan kapabilitas yang berada di ekosistem Telkomsel di segala aspek, untuk dapat mengeksplorasi berbagai potensi sehingga mampu berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi digital nasional serta menjadikan Indonesia sebagai digital powerhouse di Asia Tenggara,” kata CEO PT Telkomsel Ekosistem Digital Andi Kristianto

PT Telkomsel Ekosistem Digital akan fokus pada tiga sektor industri digital yakni edu-tech, health-tech dan gaming  yang dinilai memiliki potensi besar untuk mendorong perekonomian digital nasional. 

Baca juga: Aplikasi digital jadi andalan Telkomsel berinteraksi dengan pengguna

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022