Palu (ANTARA) - Juru Bicara Pusat Data dan Informasi (Pusdatina) COVID-19 Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Adiman menyatakan kasus kumulatif warga yang terpapar COVID-19 saat ini mencapai 47.296 kasus setelah bertambah delapan Selasa ini.

"Hari ini delapan orang terkonfirmasi positif COVID-19 berdasarkan hasil pemeriksaan sampel usap (swab) sehingga secara kumulatif 47.296 orang telah terinfeksi COVID-19 hingga hari ini," kata Adiman di Kota Palu, Selasa malam.

Ia menerangkan delapan orang tersebut berada di sejumlah daerah antara lain lima orang di Kota Palu dan tiga orang di Kabupaten Sigi.

Sementara itu tidak ada pasien COVID-19 yang dinyatakan sembuh hari ini. Secara kumulatif total pasien COVID-19 yang sembuh sampai saat ini berjumlah 45.665 orang.

Baca juga: Tingkat kesembuhan pasien COVID-19 di Sulteng naik jadi 96,57 persen

Baca juga: Maruf Amin: Wajib jaga diri agar tidak terpapar COVID-19


Kemudian secara kumulatif total pasien COVID-19 yang dinyatakan meninggal dunia saat ini berjumlah 1.609 orang.

"Adapun 58 pasien yang terpapar COVID-19 hingga kini masih menjalani karantina secara mandiri maupun di pusat pelayanan kesehatan milik pemerintah daerah setempat," ujarnya.

Adiman meminta masyarakat mendukung tim pengawas dinas kesehatan kabupaten dan kota di Sulteng yang melakukan penelusuran terhadap orang-orang yang pernah melakukan kontak dengan pasien positif COVID-19.

Selain itu, warga diimbau menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan dan penyebaran COVID-19 secara ketat.

"Pencegahanya dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas di luar rumah. Langkah tersebut sangat penting dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan COVID-19 di Sulteng," ujarnya.*

Baca juga: Wapres minta pemda optimalkan penanggulangan COVID dengan baik

Baca juga: Warga terpapar COVID-19 di Sulteng bertambah 22 jadi 47.227 orang


Pewarta: Muhammad Arshandi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022