Ternate (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara (Malut) intensif mendorong upaya percepatan vaksinasi COVID-19 di wilayah itu dengan menggandeng berbagai elemen.

Kabid Humas Polda Malut Kombes Pol Michael Irwan Thamsil di Ternate, Kamis, meminta kepada semua pihak terkait untuk berperan aktif dalam menyukseskan dan mendorong percepatan vaksinasi di Maluku Utara.

Ia juga mengajak semua pihak untuk menyukseskan vaksinasi anak usia 6-11 tahun. "Sosialisasi dan edukasi harus kita gelorakan bahwa pelaksanaan vaksinasi sudah dapat dilaksanakan pada anak usia 6 sampai 11 tahun," katanya.

Baca juga: Polda Malut jaring 102 orang belum vaksin

Kabid Humas juga menghimbau kepada seluruh masyarakat yang belum melaksanakan vaksinasi dosis 2 agar segera dilaksanakan. "Angka capaian vaksinasi dosis 2 di Malut masih 36,75 persen. Yang belum melaksanakan vaksinasi dosis 2 agar segera dilaksanakan di gerai vaksin terdekat," katanya.

Ia menjelaskan bahwa pelaksanaan vaksinasi dapat dilakukan di gerai-gerai vaksinasi di 10 kabupaten/kota di Malut, seperti di Puskesmas dan layanan kesehatan terdekat lainnya.

Sementara itu, guna pencegahan dan pengendalian COVID-19 serta untuk mendorong percepatan vaksinasi di Malut, Polda melaksanakan pengecekan kartu vaksin dan aplikasi PeduliLindungi di beberapa pintu keluar masuk Kota Ternate yang meliputi Pelabuhan Fery Bastiong, Pelabuhan Semut Mangga Dua, Pelabuhan Bastiong, Pelabuhan Speed boad Kota Baru, dan Pelabuhan Dufa-dufa.

"Kami akan tempatkan personel di tempat-tempat tersebut untuk melaksanakan pengecekan kartu vaksinasi dan protokol kesehatan serta aplikasi PeduliLindungi, apabila didapati masyarakat yang bepergian belum melaksanakan vaksinasi akan diminta melaksanakan vaksin sebelum bepergian," katanya.

Baca juga: Malut targetkan vaksinasi COVID-19 bagi warga 2.000 dosis per hari

Baca juga: Sejumlah elemen di Malut baksos dukung serbuan vaksinasi COVID-19


Ia menyebut sebanyak 168 personel diterjunkan dalam kegiatan tersebut, terhitung mulai hari ini sampai tanggal 18 Februari 2022 yang tergabung dalam Tim KRYD Polda Malut.

"Mari kita sama-sama dorong percepatan vaksinasi di Maluku Utara dengan ikut peduli dan saling mengingatkan satu sama lain akan pentingnya vaksinasi guna mencegah COVID-19," kata Irwan Thamsil

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022