Jakarta (ANTARA) - Sepanjang satu tahun terakhir UMKM menjadi salah satu sorotan yang tak bisa dilupakan karena telah memberikan kontribusi besar pada pemulihan ekonomi di tengah pandemi COVID-19.

Aktifnya UMKM di era digital juga tak terlepas dari semakin inklusifnya e-commerce seperti Tokopedia yang memberikan ruang untuk para pegiat UMKM.

Berbagai industri tumbuh di ruang- ruang e-commerce seperti fesyen, makanan dan minuman serta kecantikan dan perawatan diri untuk beradaptasi di tengah pandemi.

“Tren belanja Tokopedia sepanjang 2021 mencatat kategori Fesyen Wanita masih menjadi salah satu kategori favorit masyarakat. Di sisi lain, sub-kategori Perhiasan, Aksesoris dan Pakaian Wanita menjadi sub-kategori yang memiliki nilai transaksi paling tinggi selama 2021,” ungkap Head of Category Development (Fashion) Tokopedia, Falah Fakhriyah dalam keterangannya, Sabtu.

Baca juga: Tren jual-beli secara daring selama 2021, UMKM semakin jadi pilihan

Berbagai produk fesyen, seperti kaos, masker dan sepatu sneakers menjadi beberapa produk fesyen yang paling populer selama 2021 di Tokopedia.

Sementara jilbab, pasmina dan mukena bordir menjadi beberapa produk fesyen muslim yang paling banyak diburu masyarakat.

Sederet inisiatif yang dihadirkan Tokopedia juga turut menyukseskan penjualan di kategori fesyen seperti Festival Fashion Lokal Jawa Barat, Bersebelas #MelangkahBareng, Market & Museum at Home, JakCloth, dan masih banyak lainnya.

Salah satu UMKM fesyen yang terbantu berkat menjadi UMKM Go Digital adalah Nokha.

Sebagai usaha fesyen lokal asal Bandung, Nokha mampu memperkerjakan 150 pegawai dengan 80 persen di antaranya merupakan ibu rumah tangga serta penyandang disabilitas.

“Transaksi Nokha melalui Tokopedia meningkat hingga 3 kali lipat pada 2021 dibandingkan tahun sebelumnya. Dengan rutin mengikuti berbagai kampanye di Tokopedia, Nokha bahkan pernah memproduksi hingga 800 pesanan sepatu dalam waktu 2 hari,” kata pemilik usaha Nokha Nopi Hadzic.

Beberapa inisiatif lain juga dihadirkan Tokopedia demi memenuhi kebutuhan harian masyarakat, mulai dari makanan dan minuman hingga kecantikan dan perawatan diri.

Melalui kolaborasi dengan pelaku UMKM lokal di bidang makanan dan minuman, Tokopedia Nyam mendorong kategori Makanan dan Minuman di Tokopedia menjadi salah satu kategori favorit.

Hal ini terlihat dari kopi gayo dan pisang goreng yang menjadi makanan paling digemari di kampanye Tokopedia Nyam sepanjang 2021.

Di sisi lain, pada kuartal ketiga 2021, Kecantikan dan Perawatan Diri menjadi salah satu kategori yang mengalami peningkatan jumlah transaksi paling pesat di Tokopedia.

Jumlah penjual di kategori tersebut pun meningkat hampir 2 kali lipat.

Tabir surya, serum wajah, masker wajah, pembersih dan krim wajah (merek lokal) menjadi beberapa produk kecantikan yang paling populer.

“Melalui kolaborasi dengan berbagai pihak, diharapkan UMKM lokal bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan bisa bangkit bersama memulihkan perekonomian, mengingat UMKM adalah penyokong lebih dari 60 persen PDB nasional,” tutup Falah. 

Baca juga: Fitur tunda pembayaran digemari pengguna e-commerce lokal

Baca juga: YABB & GoTo siapkan talenta teknologi Indonesia di Generasi GIGIH 2.0

Baca juga: Tokopedia hadirkan inovasi fitur jualan

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022