Kita ketahui bahwa kasus COVID-19 di hari-hari ini terus meningkat, bukan hanya jumlah absolutnya yang sudah sekitar 3.000-an kasus sehari, tetapi juga ada kecenderungan peningkatan angka positif
Jakarta (ANTARA) - Pakar ilmu kesehatan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Tjandra Yoga Aditama mendorong evaluasi pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) pada sejumlah kecamatan yang masuk zona merah COVID-19.

"Ada daerah yang disebut sebagai medan perang atau 'battlefield' pertama melawan Omicron di negara kita, dan di daerah itu disebutkan juga sudah ada beberapa kecamatan yang masuk zona merah," katanya dalam taklimat media yang diterima di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan pada 13 Januari 2022 lima organisasi profesi dokter spesialis, yakni anak, paru, penyakit dalam, jantung dan anastesi membuat surat yang ditujukan kepada empat menteri terkait sehubungan evaluasi proses PTM.

Surat tersebut menyebutkan bahwa anak dan keluarga sebaiknya tetap diperbolehkan memilih PTM atau pembelajaran jarak jauh, anak dengan komorbid memeriksakan diri serta kelengkapan imunisasi untuk dapat ikut PTM serta mekanisme kontrol dan buka tutup sekolah.

"Kita ketahui bahwa kasus COVID-19 di hari-hari ini terus meningkat, bukan hanya jumlah absolutnya yang sudah sekitar 3.000-an kasus sehari, tetapi juga ada kecenderungan peningkatan angka positif serta perlu pula menilai perkembangan angka reproduksi yang semuanya menunjukkan potensi penularan di masyarakat. Apalagi angka transmisi lokal varian Omicron juga terus meningkat," katanya.

Sebagaimana juga ditulis dalam surat tersebut, kata dia, maka anak berisiko mengalami komplikasi berat yaitu “multisystem inflammatory in children associated with COVID-19 (MIS-C”) dan bukan tidak mungkin juga ada komplikasi "long" COVID-19.

Pendapat para pakar itu antara lain dari South Dakota, Amerika Serikat, kata Tjandra, juga mulai membicarakan kemungkinan long COVID-19 pada anak. "Walaupun tentu perlu penelitian lebih lanjut. Tetapi kita tidak ada yang ingin ada dampak seperti ini terjadi pada anak-anak kita," katanya.

Guru Besar Paru FKUI itu mengatakan penelitian di Afrika Selatan misalnya, dengan data dari 56,164 COVID-19 yang masuk rumah sakit menemukan bahwa anak di bawah usia empat tahun 49 persen lebih tinggi terpapar Omicron dibandingkan Delta.

"Data lain dari “Centers for Disease Control and Prevention (CDC)” Amerika Serikat yang ditulis juga di CNN 12 Januari 2022 menyebutkan bahwa angka anak masuk rumah sakit meningkat di Amerika, dengan rata-rata 4,3 balita per 100.000 angka masuk rumah sakit pada pekan awal Januari, meningkat dari angka 2,6 per 100.000 pada minggu sebelumnya," katanya.

Kalau dibandingkan dengan angka awal Desember 2021, katanya, maka ada peningkatan 48 persen tertinggi pada kelompok umur anak selama pandemi COVID-19.

"Jadi, setidaknya di zona merah dalam suatu medan perang, maka baik kalau upaya perlindungan kesehatan ditingkatkan, termasuk evaluasi pelaksanaan PTM setidaknya dimulai di daerah-daerah itu," kata Tjandra Yoga Aditama .

Sementara itu dilansir dari Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 5 Tahun 2022 tentang PPKM Level 3, 2, dan 1 di Jawa Bali yang terbit pada 24 Januari 2022 diatur tentang pembelajaran di satuan pendidikan.

Aturan tersebut memberi panduan pelaksanaan pembelajaran di satuan pendidikan pada kabupaten/kota Level 1 di Jawa-Bali dapat dilakukan melalui pembelajaran tatap muka terbatas dan atau pembelajaran jarak jauh.

Hal tersebut berdasarkan Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri Nomor 05/KB/2021, Nomor 1347 Tahun 2021, Nomor HK.01.08/ MENKES/ 6678/ 2021, Nomor 443-5847 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19.

Baca juga: Epidemiolog minta pemerintah evaluasi PTM antisipasi gelombang ketiga

Baca juga: Luhut: Tidak ada rencana hentikan sekolah tatap muka

Baca juga: Lima organisasi profesi medis minta pemerintah evaluasi PTM

Baca juga: Praktisi klinis dorong PTM 100 persen disesuaikan kondisi daerah


 

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022