Sumedang (ANTARA) - Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) memberikan penghargaan Kartika Pamong Praja Madya kepada Gubernur Gorontalo Rusli Habibie karena dedikasinya dalam memberikan perhatian mendayagunakan potensi alumni IPDN di Provinsi Gorontalo.

"Bapak Gubernur telah memberikan perhatian yang besar kepada alumni-alumni IPDN dengan mendayagunakan seluruh kompetensi alumni untuk membangun dan menyelenggarakan pemerintahan daerah di Provinsi Gorontalo," kata Rektor IPDN Hadi Prabowo saat penyerahan penghargaan kepada Gubernur Gorontalo di Kampus IPDN Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Selasa.

Ia menuturkan penyematan penghargaan tersebut diberikan berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh IPDN terhadap Gubernur Gorontalo, salah satunya penilaian atas perhatian dan penghargaan kepada alumni IPDN dengan mendayagunakan seluruh kompetensi alumni.

Baca juga: Gubernur Gorontalo ungkap pekerjaan rumah di sisa masa jabatannya

Tercatat, kata dia, ada 10 orang alumni IPDN yang saat ini mendapatkan jabatan sebagai kepala dinas, kemudian jabatan strategis lainnya di Provinsi Gorontalo.

"Ada 10 orang alumni IPDN yang telah menjadi kepala dinas, belum lagi yang ada pada jabatan-jabatan eselon di bawahnya," kata Hadi Prabowo.

Ia berharap kerja sama yang dilakukan antara IPDN dengan Provinsi Gorontalo dapat mempercepat pencapaian visi dari IPDN, yakni menjadi pendidikan tinggi kepamongprajaan yang unggul, profesional, berintegritas, dan berdaya saing, serta memberikan kontribusi bagi kemajuan pemerintahan dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Alumni IPDN di Provinsi Gorontalo, kata dia, mendapatkan posisi jabatan penting bukan hanya karena alumni IPDN, melainkan dilihat dari sisi kompetensinya yang dinilai mampu untuk membangun provinsi tersebut.

Ia berharap praja IPDN yang saat ini masih belajar dapat lebih giat dan cerdas dalam menyikapi persoalan dinamika di tingkat regional, nasional, dan internasional serta mampu menguasai tekonologi informasi dan bahasa.

"Hal ini harus menjadi motivasi bagi praja IPDN lainnya untuk meningkatkan kemampuan di dalam belajar dan meningkatkan kapasitas serta kompetensinya, karena di masa depan tantangan yang dihadapi akan lebih kompleks," katanya.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie yang hadir bersama anggota DPR RI, Ketua DPRD Gorontalo, Danrem 133/NWB Gorontalo, dan rombongan hadir dalam penyerahan penghargaan tersebut di Kampus IPDN Jatinangor.

Rusli mengungkapkan penghargaan yang diberikan IPDN merupakan bentuk kehormatan dan kenangan abadi, terlebih Rektor IPDN selalu memberikan dukungan kepada Pemerintah Provinsi Gorontalo.

Baca juga: Gubernur Gorontalo larang pasien COVID-19 isolasi mandiri

Baca juga: Praja IPDN sosialisasikan prokes cegah varian Omicron di Surabaya


"Terima kasih kepada IPDN, khususnya kepada Rektor IPDN yang selalu memberikan dukungan kepada Pemerintahan Gorontalo, sejak beliau masih menjadi Sekjen Kemendagri hingga sekarang," katanya.

Ia mengatakan IPDN merupakan sekolah kedinasan yang mampu melahirkan anak-anak bangsa terbaik yang dapat bersama-sama membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Alumni IPDN dan masih banyak lulusan-lulusan terbaik dari IPDN yang sekarang berhasil menduduki jabatan penting di lingkungan Pemerintahan Gorontalo," katanya.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022