Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) melayani perbaikan surat dan dokumen penting kependudukan milik 50 warga yang terdampak banjir pada beberapa hari lalu.

Sejumlah surat penting milik warga itu terdiri dari Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan Akta Kelahiran.

Baca juga: Pemkot Jakbar perbaiki aspal yang rusak terdampak banjir

"Untuk hari pertama kita sudah layani 50 terdiri dari pencetakan KTP elektronik sampai ganti kartu keluarga dan barcode," kata Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Barat Rosyik Muhammad saat dihubungi di Jakarta, Kamis.

Rosyik mengatakan 50 warga itu mengurus perbaikan dokumen kependudukan di gerai kawasan Jalan Prepedan RT01/03 Kelurahan Tegal Alur.

Dia melanjutkan antusias warga cukup tinggi terutama yang mengurus pencetakan ulang KTP elektronik ketika mendatangi gerai yang disediakan Pemkot Jakarta Barat.

Berkaca pada tingginya animo masyarakat tersebut, Pwmkot Jakarta Barat berencana akan membuka kembali pelayanan "jemput bola". Namun untuk saat ini, warga yang mau memperbaiki surat-surat tersebut diharapkan untuk mendaftar ke pengurus RT setempat.

Baca juga: Pemprov DKI perkuat tanggul dan siagakan pompa di Kali Semongol

"Kita kasih jeda waktu biar pak RT menyiapkan dokumen warganya yang kebanjiran," kata Rosyik.

Setelah daftar warga dan dokumennya terkumpul, pihaknya akan melakukan pelayanan lagi di lokasi tersebut.

Rosyik berharap layanan tersebut bisa membantu masyarakat memperbarui data diri sehingga tidak perlu kesulitan dari segi administrasi di kemudian hari.

Sebelumnya, beberapa wilayah di Jakarta Barat sempat terendam banjir saat hujan deras pada pekan lalu.

Tercatat ada beberapa wilayah yang terendam, yakni Tegal Alur, bantaran Kali Semongol, Kalideres hingga jalan Raya Tanjung Duren.

Baca juga: Wali Kota Jakbar semprot disinfektan di lokasi banjir Tegal Alur

Pewarta: Walda Marison
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022