Bila ada ternak dikandangkan
Mukomuko (ANTARA) -
Balai Konservasi Sumber Daya (BKSDA) Bengkulu, melalui Resor Air Hitam memasang perangkap harimau yang menyerang satu ternak warga Unit Pemukiman Transmigrasi (UPT) Lubuk Talang, Kabupaten Mukomuko.
 
"Tim dari Resor Air Hitam, Kamis sore (27/1), membawa kerangkeng harimau ke lokasi. Apakah sudah dipasang atau belum, mereka belum melaporkan," kata Kepala Seksi Konservasi Wilayah I BKSDA Bengkulu, Said Jauhari, dalam keterangannya di Mukomuko, Jumat.
 
Ia mengatakan hal itu setelah beredarnya informasi melalui "WhatsApp" terkait pemasangan kerangkeng harimau oleh petugas Resor Air Hitam bersama dengan warga setempat.
 
Ia mengatakan, berdasarkan pemantauannya tim dari Resor Air Hitam sebelumnya melakukan rapat kecil dengan warga setempat guna membahas cara penanganan harimau di wilayah ini.

Baca juga: BKSDA halau harimau penyerang ternak warga Mukomuko-Bengkulu

Baca juga: Tim pengusir harimau di Mukomuko gunakan meriam karbit

 
Untuk sementara ini, katanya, petugas Resor Air Hitam melakukan upaya pemasangan perangkap terlebih dahulu, apabila harimau tidak tertangkap, maka upaya lain dengan cara pengusiran harimau menjauh dari pemukiman penduduk.
 
"Cara terakhir yang kami lakukan dengan mengusir harimau tersebut menjauh dari pemukiman pendidikan di wilayah ini," ujar Said.
 
Sementara itu, harimau masuk pemukiman penduduk di UPT Lubuk Talang, Kecamatan Malin Deman merupakan kejadian berulang, harimau penunggu wilayah di sekitar itu, ujarnya
 
UPT Lubuk Talang, Kecamatan Malin Deman berada dekat dengan hutan negara, yakni 500 meter dari kawasan Hutan Produksi Terbatas Air Ipuh I, dan perambah juga masuk ke sana sehingga kawasan hutan di lokasi tersebut terus berkurang.
 
Ia menjelaskan, ada dua kemungkinan terjadi konflik karena habitat yang di atas terganggu, persediaan makanan sedikit, dan sebelumnya ada kejadian penyakit flu babi sehingga pakan di alam kurang.
 
Selanjutnya, ia mengimbau, masyarakat UPT Lubuk Talang, Kecamatan Malin Deman untuk berhati-hati karena wilayahnya dekat habitat harimau.

"Bila ada ternak dikandangkan agar tidak mengundang harimau, selanjutnya satwa tersebut mencari secara alamiah," katanya.

Baca juga: Petugas konservasi turun ke Mukomuko terkait gangguan harimau

Baca juga: Petugas konservasi berupaya halau harimau pemangsa ternak di Mukomuko

 

Pewarta: Ferri Aryanto
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022