Tidak bisa dihindari. Yang bisa dilakukan adalah mengecilkan kasus hariannya dengan cara pembatasan sosial
Jakarta (ANTARA) - Epidemiolog dari Universitas Indonesia (UI) Tri Yunis Miko Wahyono berpendapat bahwa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 di daerah yang sudah terkonfirmasi memiliki pasien COVID-19 varian Omicron dapat dilakukan untuk menekan meningkatnya kasus baru.

"Tidak bisa dihindari. Yang bisa dilakukan adalah mengecilkan kasus hariannya dengan cara pembatasan sosial, bukan lockdown mikro ya, kalau Jakarta ya se-Jakarta begitu melakukan lockdown," ujarnya.

Baca juga: Epidemiolog imbau warga patuhi prokes dan segera dapatkan vaksinasi

Miko mengatakan jika yang diambil adalah memperketat langkah social distancing atau menjaga jarak untuk menghindari penularan maka perlu dilakukan dengan benar.

Selain itu, langkah lain untuk menekan penambahan kasus baru harian bisa dilakukan juga dengan memberlakukan PPKM level 4 untuk daerah-daerah yang terkonfirmasi memiliki varian Omicron dari COVID-19.

"PPKM berlevel tapi semua pada level 4 untuk daerah yang ada Omicron-nya," tegasnya.

Baca juga: Epidemiolog minta pemerintah evaluasi PTM antisipasi gelombang ketiga

Terkait kasus baru yang merupakan pelaku perjalanan luar negeri, Miko mengatakan perjalanan luar negeri diperuntukkan bagi mereka yang memiliki keperluan mendesak dan bisa membuktikannya ketika mengurus dokumen perjalanan.

Sebelumnya, Indonesia mengalami peningkatan laporan kasus baru COVID-19 dengan pada 27 Januari 2022 terjadi penambahan 8.077 kasus COVID-19.

Jumlah itu memperlihatkan peningkatan dibandingkan laporan 7.010 kasus baru pada 26 Januari 2022 dan 4.878 kasus baru pada 25 Januari 2022.

Baca juga: Epidemiolog: Gelombang ketiga COVID-19 berpotensi terjadi di Indonesia

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin pada Kamis (27/1) mengatakan sampai dengan 26 Januari 2022 terdapat 1.988 pasien COVID-19 terkonfirmasi Omicron di Indonesia.

Namun, dia juga mengimbau masyarakat tidak panik berlebihan menghadapi penyebaran varian tersebut. Karena selain gejalanya lebih ringan, pemerintah juga sudah mempersiapkan berbagai upaya dalam mengantisipasi gelombang ketiga.

"Tidak usah berlebihan, protokol kesehatan paling penting dijalankan, memakai masker dan tidak berkerumun," kata Menkes dalam pertemuan virtual.

Baca juga: Menkes sebut Omicron di Indonesia mencapai 1.988 kasus

Baca juga: Dinkes Kepri laporkan telah terjadi transmisi lokal Omicron di Batam

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022