terasa sampai ke wilayah Manokwari, Manokwari Selatan dan Tambrauw
Manokwari (ANTARA) - Gempa bumi magnitudo 5,1 mengguncang kabupaten Pegunungan Arfak Provinsi Papua Barat, Rabu petang sekira pukul 19.10 WIT dan tidak berpotensi menimbulkan tsunami.
 
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Rendani Manokwari merilis, gempa bumi dengan magnitudo 5,1 itu terpusat di 45 kilometer barat laut Kabupaten Pegunungan Arfak dengan kedalaman 12 kilometer.
 
"Guncangan gempa bumi yang terasa sampai ke wilayah Manokwari, Manokwari Selatan dan Tambrauw tersebut tidak berpotensi tsunami, masyarakat diimbau tenang dan tidak panik berlebihan," ujar Daniel Tandi, kepala BMKG Stasiun Rendani Manokwari.

Baca juga: Gempa bumi magnitudo 5 guncang Kota Sorong
Baca juga: Gempa bumi Magnitudo 3,7 terjadi di Manokwari Selatan
 
Daniel Tandi juga melaporkan gempa susulan kedua tercatat pada pukul 19.45 WIT dengan magnitudo 4,7 berada pada posisi 66 kilometer Barat Laut kabupaten Pegunungan Arfak dengan kedalaman 10 kilometer.
 
Selanjutnya Gempa susulan ketiga tercatat pukul 21.26 WIT dengan magnitudo 3 berada pada posisi 60 kilometer Barat Laut kabupaten Pegunungan Arfak dengan kedalaman 4 kilometer.
 
"Dua kali gempa susulan magnitudonya semakin kecil," ujar Daniel Tandi. 

Baca juga: BMKG: 75 gempa bumi terjadi dalam sehari di Sorong

Pewarta: Hans Arnold Kapisa
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022