semoga semua kasus yang masih tersisa segera sembuh
Samarinda (ANTARA) - Kota Samarinda, Kalimantan Timur berganti status menuju zona kuning COVID-19, setelah dua orang dinyatakan terkonfirmasi positif di wilayah tersebut berdasarkan update kasus harian Satgas COVID-19 Provinsi Kalimantan Timur, Minggu.

Sementara, Kabupaten Paser yang sebelumnya berstatus zona kuning, kini telah menjadi nol kasus, setelah satu pasien positif di wilayah tersebut telah dinyatakan sembuh.

Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi dalam keterangannya di Samarinda, Minggu, menyampaikan saat ini status wilayah di Kaltim masih tercatat lima daerah berstatus zona hijau dan lima wilayah lainnya berada di zona kuning.

Lima kabupaten dan kota di zona hijau terdiri Kutai Kartanegara, Bontang, Berau, Mahakam Ulu. dan Paser.

Sedangkan lima daerah di zona kuning, yakni Balikpapan, Kutai Timur, Penajam Paser Utara, Kutai Barat, dan Samarinda.

"Artinya, hari ini terjadi perubahan status, dimana kemarin Samarinda di zona hijau kini ke zona kuning dan Paser masuk mengganti status wilayah Kota Tepian," kata Hadi Mulyadi.

Hadi menegaskan perkembangan kasus COVID-19 di Kaltim secara umum, penyebaran dan penularan kasus terus melandai.

"Kondisi saat ini harus kita syukuri, sebab dua tahun wabah corona memberi dampak luar biasa bagi kita," kata Hadi Mulyadi.

Dia mengatakan saat ini pasien COVID-19 yang masih menjalani perawatan di wilayah Kaltim berjumlah 30 orang.

Pasien tersebut tersebar di Balikpapan 10 orang, Kutai Timur 9 orang, Kutai Barat 8 orang, Samarinda 2 orang dan Penajam Paser Utara 1 orang.

" Masyarakat harus tetap menjaga kesehatan dan terus waspada terhadap potensi penularan virus, semoga semua kasus yang masih tersisa segera sembuh," kata Hadi Mulyadi.
Baca juga: Wagub Kaltim apresiasi kerja keras para perawat saat COVID-19
Baca juga: Samarinda beralih ke zona kuning COVID-19
Baca juga: Mahakam Ulu masuk zona hijau COVID-19

Pewarta: Arumanto
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022