Beliau adalah sosok pekerja keras dan kader Muslimat tulen
Jakarta (ANTARA News) - Ny Machsusoh Ujiati binti Mudatsir, istri Duta Besar Indonesia untuk Maroko Tosari Widjaja, meninggal dunia di Rumah Sakit Scech Zaid Rabat Maroko Rabu malam (21/12) pukul 20.30 waktu setempat, setelah sebelumnya dilaporkan berada dalam kondisi koma sejak 2 Desember lalu.

Ketua Umum Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa ketika dihubungi di Jakarta, Kamis, membenarkan kabar meninggalnya Ny Machsusoh yang merupakan anggota Dewan Pakar Pimpinan Pusat Muslimat NU periode 2011-2016.

Kabar meninggalnya Ny Machsusoh juga dibenarkan Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Pembangunan (DPP PPP) Bidang Komunikasi dan Media, Arwani Thomafi.

Khofifah meminta kepada segenap keluarga besar NU, terutama anggota Muslimat di seluruh Indonesia untuk mendoakan almarhumah.

"Beliau adalah sosok pekerja keras dan kader Muslimat tulen," kata Menteri Pemberdayaan Perempuan di era Presiden KH Abdurrahman Wahid itu.

Ny Machsusoh merupakan aktivis NU yang memulai kiprahnya dari Ikatan Pelajar Puteri Nahdlatul Ulama (IPPNU), Fatayat NU, hingga terakhir di Muslimat.

Sementara di politik, Machsusoh merupakan kader PPP dan tercatat sebagai Wakil Bendahara Umum DPP PPP periode 2007-2011.

Dalam karir politiknya, Machsusoh pernah menjadi anggota Fraksi PPP DPR periode 2004-2009, satu fraksi dengan suaminya.

Menurut rencana, jenasah ibu dari enam anak hasil pernikahannya dengan Tosari Widjaja itu akan diterbangkan Jumat (23/12) dan tiba di Jakarta keesokan harinya. Selanjutnya jenasah dibawa untuk dimakamkan di tanah kelahirannya di Madiun, Jawa Timur.

(ANTARA)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011