Mekkah (ANTARA) - Naib Amirul Hajj sekaligus Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi berharap ke depan agar lebih selektif memberangkatkan jamaah calon haji yang benar-benar sehat.

"Saya kira ini jadi perhatian kami ke depan agar lebih selektif untuk berangkat jamaah haji Indonesia, dipastikan yang berangkat orang-orang yang betul-betul sehat," kata Zainut saat meninjau Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekkah, Sabtu.

Bersama tim Amirul Hajj, Zainut mengunjungi KKHI Mekkah bertemu dengan para tenaga medis. Ia menyampaikan apresiasi kepada tenaga medis di KKHI yang telah memberikan pelayanan yang baik kepada para jamaah yang mengalami masalah kesehatan.

Dari kunjungannya tersebut, diketahui pasien yang dirawat sebagian besar karena penyakit jantung, paru-paru dan sebagian masalah psikiatri juga terkait penyakit bawaan lainnya.

Anggota Tim Pemantauan dan Evaluasi Kemenag Alissa Wahid yang ikut meninjau KKHI mengatakan perawatan di KKHI betul-betul purna termasuk untuk mereka yang mengalami gangguan kejiwaan.

"Pasti kan jamaah haji ketika berangkat ke Tanah Suci itu harapannya besar, ingin ibadah tapi juga ada rasa cemas terutama kalau ada beban-beban psikologis yang dijalani,kemungkinan yang masih mengganggu sehingga tidak bisa beribadah dengan baik," kata Alissa.

Dari kunjungan tersebut ia melihat pasien yang dirawat sudah lebih sehat. Karena itu dia juga mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada tenaga kesehatan di KKHI.

Tim Amirul Hajj sempat ngobrol dengan pasien yang dirawat salah satunya karena bipolar dan memberikan semangat agar segera sembuh

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Slamet Hadi Purnomo
Copyright © ANTARA 2022