Bandara Internasional Sultan Hasanuddin telah melayani 7,9 juta penumpang baik domestik maupun internasional ....
Makassar (ANTARA) - Jumlah penumpang di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan, tercatat sebanyak 7,9 juta orang pada Januari - Oktober 2022 atau naik sekitar 53 persen dibanding periode yang sama 2021 yang sebanyak 3,713 juta penumpang.

"Bandara Internasional Sultan Hasanuddin telah melayani 7,9 juta penumpang baik domestik maupun internasional dan tahun ini mengalami kenaikan  53 persen dibanding tahun lalu," kata General Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Wahyudi di Makassar, Jumat.

Dia mengatakan, selain terjadi kenaikan penumpang, pergerakan pesawat di periode yang sama juga naik 18 persen mencapai 64.225 pergerakan dari 2021 yang tercatat 52.664 pergerakan.

Baca juga: Angkasa Pura I layani 4,8 juta penumpang sepanjang Oktober 2022

Sementara itu untuk kargo pada 2022 tercatat sebanyak 79.852 ton atau naik 3,17 persen dari tahun 2021 yang 77.320 ton.

“Angka tersebut menunjukkan  kenaikan trafik penerbangan yang cukup signifikan. Perlahan aktivitas di bandara  mulai ramai,” kata Wahyudi.

Menurut dia, peningkatan aktivitas pergerakan lalu lintas udara di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin disebabkan aktivasi rute penerbangan internasional, tambahan penerbangan domestik, serta rute baru pada 2022.

Penumpang internasional pada 2022 sampai bulan Oktober sebanyak 110.415 penumpang setelah pemerintah membuka pintu internasional pada tahun ini.

Baca juga: KKP Soetta tak wajibkan penumpang visa umrah vaksinasi meningitis

Sementara itu, Bandara Internasional Sultan Hasanuddin mulai melayani kembali penerbangan internasional pada April 2022 hingga saat ini dan rute internasional sudah kembali seperti sebelum pandemi COVID-19.

Rute penerbangan internasional yang dilayani oleh Bandara Internasional Sultan Hasanuddin di antaranya yaitu Madinah, Jeddah, Singapura, dan Kuala Lumpur.

"Rute Madinah dan Jeddah ini didominasi jamaah umrsh, sedang Singapura dan Kuala Lumpur untuk tujuan wisata dan bisnis," kata Wahyudi.
Ilustrasi suasana antrean penumpang untuk boarding pesawat di Gate 4 Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar. Antara/ Suriani Mappong

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022