Alhamdulillah, sudah terkumpul Rp533.105.000. Ini berasal dari pimpinan yang ada di Pemprov Riau, baik saya, Wakil Gubernur Riau, Sekretaris Daerah Provinsi Riau, OPD serta BUMD
Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sudah menghimpun dana sebesar Rp533.105.000, yang berasal dari donasi organisasi perangkat daerah (OPD) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Riau yang segera disalurkan bagi korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat (Jabar).

Donasi kemanusiaan sebesar Rp533.105.000 itu secara simbolis diserahkan Gubernur Riau H Syamsuar kepada Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Riau Tengku Zul Efendi, disaksikan para pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Gedung Daerah, Jalan Diponegoro Pekanbaru, Senin.

"Alhamdulillah, sudah terkumpul Rp533.105.000. Ini berasal dari pimpinan yang ada di Pemprov Riau, baik saya, Wakil Gubernur Riau, Sekretaris Daerah Provinsi Riau, OPD serta BUMD," kata gubernur.

Ia mengatakan, dua pimpinan OPD yang langsung diperintahkan menyerahkan bantuan kemanusiaan itu adalah Kadinsos Riau Tengku Zul Efendi dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau Edy Afrizal berangkat ke Cianjur.

"Saya sudah perintahkan Kadinsos dan Kepala BPBD yang menyerahkan langsung kepada Bupati Cianjur," katanya.

Syamsuar juga berharap uang bantuan sebesar Rp533.105.000 nantinya bahkan akan ada tambahan lagi. Salah satunya berasal dari Baznas Riau sedangkan jumlahnya akan segera diinformasikan.

Gubernur menjelaskan bantuan untuk korban gempa Cianjur diberikan dalam bentuk uang sesuai arahan Mendagri Tito Karnavian, karena Pemkab Cianjur sangat membutuhkan untuk membeli berbagai keperluan sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan masyarakat yang terdampak gempa.

"Sedangkan biaya tak terduga Pemkab Cianjur yang digunakan untuk berbagai keperluan akibat bencana hanya tinggal Rp5 miliar. Karena keterbatasan anggaran itu, Pemprov Riau pun membantu dengan uang, agar bisa dipergunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan di sana," demikian Syamsuar.

Baca juga: Bantu korban gempa Cianjur, Ikasmansa Pekanbaru-Riau galang dana

Baca juga: Sumbar kirim 1,5 ton rendang untuk korban gempa Cianjur

Baca juga: Mufidah Jusuf Kalla kirim 20 ribu sarung untuk pengungsi di Cianjur

Baca juga: Tim UI Peduli dan BEM UI sumbang logistik bagi korban gempa Cianjur

Pewarta: Frislidia
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022