Benturannya sangat keras dan kapal sempat oleng setelah terbentur."
Tanjungpinang (ANTARA News) - Agen kapal feri MV Sindo 31 yang mengangkut 97 orang penumpang dari Singapura tujuan Tanjungpinang, Kepulauan Riau mengatakan kapal kandas akibat pengaruh cuaca.

"Kapal bagus, kandas akibat cuaca," kata Agen MV Sindo 31, Asui di Tanjungpinang, Rabu malam.

Asui juga membantah ada penumpang yang cedera akibat kapal menambrak karang tersebut. "Tidak benar, semua penumpang sudah dibawa ke Tanjungpinang dengan selamat," kata Ahui yang ditemani Kasi Gamat Adpel Tanjungpinang sambil menghindar dari wartawan.

Pihak agen kapal tersebut terkesan tertutup dan tidak mau berkomentar banyak terkait musibah itu.

Dari pantauan ANTARA di pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura Tanjungpinang, jumlah penumpang yang dievakuasi dengan MV Penguin 7 sebanyak 94 orang, bukan 97 orang dari total penumpang.

Para penumpang yang dievakuasi ke Tanjungpinang tersebut terdiri dari 82 orang WNI, tujuh warga Singapura, tiga orang warga Hongkong, satu orang Selandia Baru dan satu orang warga China.

Basarnas Tanjungpinang juga menyebut tiga orang penumpang dievakuasi ke rumah sakit di Busung, Tanjung Uban, Bintan, dua akibat cedera saat kapal menabrak karang dan satu menemani saudaranya ke rumah sakit tersebut.

Salah seorang penumpang warga Tanjungpinang, Suryanti mengatakan, kapal bertolak dari Singpura sekitar pukul 17.30 WIB dan menabrak karang di perairan Lobam sekitar pukul 19.30 WIB.

"Benturannya sangat keras dan kapal sempat oleng setelah terbentur," ujar Suryanti.

Menurut dia semua penumpang histeris akibat kejadian itu. "Kapal bantuan baru datang setelah dua jam kejadian," ujarnya.

Basarnas Tanjungpinang menyebut kapal kandas di titik koordinat 01`00`655 N dan 104`13`300 E dan diperkirakan akibat laut surut, bukan karena pengaruh cuaca. (ANT)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2012