Selain Sumut, ada beberapa daerah lainnya seperti Bali dan Aceh juga berkeinginan menjadi tuan rumah PON tahun 2020,"
Medan (ANTARA News) - Upaya Sumatera Utara menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2020 tampaknya tidak mudah, mengingat Bali juga mempunyai niat yang sama menjadi penyelenggara perhelatan olahraga terakbar di Indonesia tersebut.

"Selain Sumut, ada beberapa daerah lainnya seperti Bali dan Aceh juga berkeinginan menjadi tuan rumah PON tahun 2020," kata Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Tono Suratman di Medan Senin, usai membuka Rapat Anggota KONI Sumut, 17-19 Desember 2012.

Menurut dia, peluang Sumut untuk menjadi tuan rumah PON 2020 sangat besar, mengingat keinginan tersebut bukan hanya keinginan seluruh anggota KONI Sumut saja, namun juga sudah dicanangkan Gubernur Sumatera Utara.

Namun, lanjut dia, jika Sumut memang benar-benar serius hendak menjadi penyelenggara PON 2020, semua pihak yang berkepentingan di daerah itu harus sudah memulai persiapan dari sekarang. Misalnya harus mampu meyakinkan daerah lain bahwa Sumut memang pantas menjadi tuan rumah.

Seluruh lapisan masyarakat di daerah itu juga harus menyambut baik rencana menjadi tuan rumah PON tersebut dan menunjukkan bahwa pesta olahraga terakbar itu memang benar-benar menjadi dambaan bersama.

"Upaya untuk itu harus dimulai dari sekarang, jangan nanti tinggal enam bulan lagi menjelang penentuan tuan rumah PON baru kita sibuk-sibuk. Sumut harus bisa buktikan kepada daerah lain memang serius ingin menjadi tuan rumah PON," katanya.

Sementara mengenai atlet Sumut, menurut dia, meski PON 2020 masih panjang, namun persiapan harus sudah dilakukan mulai sekarang, termasuk pembinaan atlet muda sejak dini.

"Saya berharap rapat anggota KONI Sumut ini bisa melahirkan program unggulan demi meningkatkan prestasi atlet daerah ini. Atlet-atlet muda juga harus terus meningkatkan porsi latihan, ini bukan hanya untuk persiapan menghadapi PON, namun juga menghadapi multi event lainnya," katanya.

Sementara Ketua Umum KONI Sumut Gus Irawan yang diwakili Ketua Harian John Ismadi Lubis mengatakan, salah satu agenda rapat tahunan anggota KONI Sumut tersebut adalah menyahuti keinginan daerah itu untuk menjadi tuan rumah PON 2020.

Apalagi memang keinginan tersebut sudah menjadi kesepakatan bersama dan telah dicanangkan beberapa tahun sebelumnya. Ia berharap semua pihak memberikan dukungan agar rencana tersebut dapat terwujud nantinya.

Selain bantuan pemerintah daerah, bantuan dari atlet juga sangat dibutuhkan demi mewujudkan Sumut menjadi tuan rumah PON, salah satunya dengan menunjukkan peningkatan prestasi pada PON 2016 di Bandung.

"Semoga rapat anggota ini dapat melahirkan berbagai program yang dapat memajukan dunia olahraga di Sumut, termasuk program memuluskan upaya kita menjadi tuan rumah PON 2020," katanya.

(KR-JRD/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2012