Sistem satu arah ini akan diberlakukan pada 31 Desember 2012 hingga 2 Januari 2013
Sleman (ANTARA News) - Perayaan malam tahun baru di objek wisata Kaliurang dan kawasan lereng Gunung Merapi di Kabupaten Sleman diperkirakan dipadati wisatawan, sehingga untuk megantisipasi kemacetan lalu lintas Polres Sleman memberlakukan sistem satu arah di Jalan Kaliurang.

"Sistem satu arah ini akan diberlakukan pada 31 Desember 2012 hingga 2 Januari 2013, dari pukul 15.00 WIB hingga pukul 00.00 WIB," kata Kasat Lantas Polres Sleman AKP Ahmad Nanang Wibawa, Senin.

Menurut dia, untuk jalur menuju ke atas atau kawasan lereng Gunung Merapi, termasuk Kaliurang menggunakan jalur Jalan Palagan Tentara Pelajar (Jalan Monumen Jogja Kembali), sementara untuk jalur ke bawah ke arah Kota Yogyakarta menggunakan jalur Jalan Kaliurang.

"Pemberlakuan satu jalur arah Kaliurang menjelang tahun baru dan saat tahun baru mengingat di sepanjang Jalan Kaliurang padat perumahan penduduk dan di Kaliurang padat penduduk," ucapnya.

Nanang mengatakan, dalam memberlakukan sistem satu jalur tersebut akan bekerja sama dengan pihak Dinas Perhubungan.

"Kami telah mensiagakan 30 petugas untuk pemberlakuan jalur ini. Sementara selama libur panjang ini ada hampir 2.000 petugas di lapangan untuk memperlancar arus lalulintas," tuturnya.

Selain Kaliurang, objek wisata di lereng Gunung Merapi yang diperkirakan akan dipadati wisatawan adalah kawasan "vulcano tour" Merapi di Kinahrejo, Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan Sleman yang merupakan bekas rumah mantan juru kunci Gunung Merapi mendiang Mbah Maridjan.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi DIY Tazbir Abdullah mengatakan, objek wisata daerah dampak erupsi Merapi yang bersifat petualangan saat ini sudah tumbuh membaik.

"Kami imbau warga setempat untuk memberikan pelayanan yang baik kepada wisatawan yang berkunjung," katanya.

(V001) 

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2012