Paris (ANTARA News) - Ilmuwan Eropa menemukan bukti bahwa cara menyajikan makanan dan minuman punya peranan besar dalam persepsi rasa.

Para peneliti di Polytechnic University of Valencia dan University of Oxford merekrut 57 sukarelawan untuk mencicipi minuman coklat panas yang disajikan dalam empat cangkir plastik berbeda warna, yaitu putih, krem, merah, dan jingga. Semua cangkir itu berwarna putih permukaan dalamnya.

Minuman cokelatnya sama, namun para sukarelawan berpikir rasa cokelat dalam cangkir berwarna jingga atau krem terasa lebih lezat.

"Warna wadah tempat minuman dan makanan disajikan dapat meningkatkan beberapa hal seperti rasa dan aroma," ujar Betina Piqueras-Fiszman dari Polytechnic University of Valencia dalam rilis, seperti dikutip dari  AFP.

Penemuan itu dapat memberi manfaat bagi para koki dan produsen makanan, tambah dia.

Penelitian sebelumnya menemukan bahwa wadah makanan berwarna kuning meningkatkan persepsi rasa lemon dalam soft drinks, minuman dengan warna dingin seperti biru lebih menggiurkan dibanding warna hangat seperti merah, dan minuman berwarna merah muda terkesan lebih terasa manis.

Studi tersebut diterbitkan dalam Journal of Sensory Studies.

(nan)

Penerjemah: Aditia Maruli Radja
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013