Jadi, pada Selasa (15/1) mendatang, masyarakat sudah dapat melintas di jalan layang tersebut. Saya sendiri sudah mencoba melintasinya beberapa hari yang lalu,"
Jakarta (ANTARA News) - Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta mengatakan, uji coba Jalan Layang Non-Tol (JLNT) yang membentang dari Antasari hingga Blok M akan dilaksanakan pada Selasa, 15 Januari 2013.

"Jadi, pada Selasa (15/1) mendatang, masyarakat sudah dapat melintas di jalan layang tersebut. Saya sendiri sudah mencoba melintasinya beberapa hari yang lalu," kata Kepala Seksi Simpang Tak Sebidang Dinas PU DKI Jakarta Heru Suwondo di Jakarta, Kamis.

Menurut Heru, seluruh pengerjaan fisik jalan layang sepanjang 4,8 kilometer tersebut, seperti pengaspalan, baik di bagian atas maupun bagian bawah, telah selesai, sehingga sudah dapat dilalui oleh kendaraan masyarakat.

"Akan tetapi, sebelum dilakukan uji coba, kami akan memberi tahu Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta untuk membantu mempersiapkan segala teknis pelaksanaan uji coba tersebut pada 15 Januari nanti," ujar Heru.

Heru mengungkapkan, Dishub DKI Jakarta sudah memasang rambu-rambu lalu lintas pada jalan layang tersebut. Rencananya, lanjut Heru, uji coba akan berlangsung selama satu minggu dan akan dievaluasi setelahnya.

"Sementara itu, untuk peresmian JLNT Antasari-Blok M ini sendiri baru dapat dilakukan setelah ada konfirmasi mengenai kebijakan dari Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo," ungkap Heru.

Heru menuturkan, pembangunan JLNT tersebut merupakan salah satu upaya mengurai kemacetan lalu lintas di Jakarta akibat rencana pembangunan konstruksi sarana transportasi massal atau Mass Rapid Transit (MRT).

Selain JLNT lintas Antasari-Blok M, sambung Heru, pihaknya juga mengerjakan JLNT lintas Kampung Melayu-Tanah Abang, akan tetapi belum selesai hingga saat ini.

"Waktu penyelesaian pembangunan JLNT lintas Kampung Melayu-Tanah Abang kemungkinan masih cukup lama, meskipun saat ini sudah 90 persen selesai," tutur Heru.

Ia menambahkan lamanya waktu pengerjaan itu dikarenakan bagian atas flyover Jalan Jenderal Sudirman belum tersambung sampai saat ini.

Heru memperkirakan pembangunan JLNT lintas Kampung Melayu-Tanah Abang baru dapat diselesaikan pada pertengahan tahun ini.

(R027/Z002)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013