Jakarta (ANTARA News) - Pembakaran sampah plastik maupun organik bisa menyebabkan pencemaran udara yang bersifat karsinogenik, kata pengamat lingkungan dari Tehnik Lingkungan Universitas Indonesia, Gabriel Andari Kristanto.

"Pembakaran sampah melepaskan zat-zat kimia ke dalam udara, dan memiliki sifat karsinogenik," ujar Andari usai acara puncak kampanye GEMAS di Jakarta, Senin.

Karsinogenik adalah salah satu zat yang dikenal memiliki sifat pemicu penyakit kanker. "Ini tentu berbahaya, karena tidak hanya sekadar mencemari tanah dan air. Namun juga mencemari udara," jelas Andari.

Menurut Andari, cara mudah dan tercepat untuk mengatasi masalah sampah plastik adalah dengan memilah sampah plastik untuk kembali di daur ulang.

Lebih lanjut Andari mengemukakan bahwa memilah sampah merupakan bentuk tanggung jawab atas sampah yang telah dihasilkan.

"Intinya, tindakan pertama untuk kelola sampah adalah dengan tidak membuat sampah. Cobalah untuk hidup hemat dan menjadi konsumen yang bijak," imbuh Andari.

(M048)

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013