Mayoritas barang yang dibawa merupakan kebutuhan pokok masyarakat dan peralatan rumah tangga,"
Jepara (ANTARA News) - Kapal Motor Penumpang (KMP) Muria kembali beroperasi melayani penyeberangan dari Jepara menuju Pulau Karimunjawa, Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, setelah cuaca di perairan laut kembali membaik, Sabtu. 

Pimpinan PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Jepara Zufkifli melalui Manajer Operasional Kamto, di Jepara, mengakui, KMP Muria telah berlayar dari Pelabuhan Kartini Jepara ke Karimunjawa hari ini pukul 09.00 WIB.

Kembali beroperasinya KMP Muria, kata dia, karena syahbandar sudah mengeluarkan izin berlayar, sehingga hari ini KMP Muria bisa beroperasi.

Dalam pemberangkatannya KMP Muria membawa sebanyak 234 penumpang dari total kursi yang tersedia 276 penumpang, sedangkan barang yang dibawa seberat 28 ton.

"Mayoritas barang yang dibawa merupakan kebutuhan pokok masyarakat dan peralatan rumah tangga," ujarnya.

Meski demikian, dia tetap memantau cuaca laut, karena berdasarkan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jateng, pada tanggal 4-5 Maret 2013 gelombang laut di perairan laut utara Jawa tinggi.

Ia memprediksi, jumlah wisatawan yang memanfaatkan KMP Muria diprediksi meningkat pada April 2013, karena cuaca laut diprediksi kembali normal.

Syahbandar Jepara Yuniarsono mengakui, cuaca di perairan Laut Jepara saat ini sudah membaik, sehingga KMP Muria diizinkan berlayar.

Demikian halnya, kata dia, izin berlayar juga berlaku bagi para nelayan, karena sudah beberapa hari terakhir tidak berlayar mencari ikan.

Meskipun larangan berlayar sudah dicabut, dia meminta, para nelayan tetap waspada serta membawa pelampung atau alat pengaman lainnya. "Cuaca laut bisa saja berubah setiap saat," ujarnya.

(KR-AN/E005)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013