Jakarta (ANTARA News) - BSA The Software Alliance meluncurkan komik bertema kekayaan intelektual sebagai bagian dari programnya mensosialisasikan anti pembajakan.

Komik berjudul "Software Berlisensi Bisnis Pasti!!" bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang hak cipta software untuk para mahasiswa hingga pelaku bisnis, kata Kepala Perwakilan BSA di Indonesia, Zain Adnan, Selasa.


"Masyarakat bisa melihat konsekuensi bila memakai software bajakan dalam bentuk yang lebih menarik, yaitu komik," tutur Zain.

Komik tersebut terbagi menjadi beberapa cerita berisi topik beragam, mulai dari menjelaskan apa itu hak kekayaan intelektual (HKI), cara mengetahui keaslian perangkat lunak, hingga konsekuensi pelanggaran HKI.

Komikus Beng Rahadian yang juga co-author dalam komik tersebut berharap agar buku itu dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang HKI.

"Saya dulu was-was kalau pakai bukan yang asli, apalagi pernah berhubungan dengan klien dari luar negeri yang sangat rewel masalah keaslian. Karena saya ingin karya saya dihargai, maka saya juga harus menghargai karya orang lain," ujar dia.

(nan)

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013