Saat ini di Pasar Wonokromo mulai turun menjadi Rp35-40 ribu perkilogram
Surabaya (ANTARA News) - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan melakukan inspeksi mendadak di Pasar Wonokromo Surabaya, Jawa Timur, Selasa, untuk memantau harga bawang putih dan merah yang melonjak selama beberapa waktu terakhir.

"Setelah kami pantau di beberapa pasar di beberapa daerah di Jatim, harga bawang putih sudah turun. Bahkan, sejak Senin (18/3) sudah turun signifikan," katanya didampingi Gubenur Jatim Soekarwo di Pasar Wonokromo Surabaya.

Ia optimistis harga bawang putih pada masa mendatang bisa kian turun atau mendekati harga normalnya Rp15-20 ribu per kilogram.

Pekan lalu, harga bawang putih sempat mencapai harga Rp80-90 ribu perkilogram. "Saat ini di Pasar Wonokromo mulai turun menjadi Rp35-40 ribu perkilogram," ujarnya.

Namun, kata dia, sejumlah pedagang masih ada yang menjual dengan harga Rp55 ribu perkilogram untuk bawang putih jenis kating (kualitas super).

"Kami minta dalam beberapa hari ke depan semua bawang putih impor yang tertahan akibat masalah Surat Persetujuan Impor (SPI) maupun yang sengaja ditahan oleh importir harus keluar dari Tanjung Perak Surabaya untuk menstabilkan harga," ucapnya.

Ia juga mengatakan telah melepaskan 293 kontainer bawang putih dari Tanjung Perak, meskipun masih ada puluhan kontainer bawang putih yang tersisa.

"Namun, hingga sekarang belum ada importir penanggung jawabnya," kata Gita. 

Pewarta: Slamet Hidayat
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013