"Waktu kecil saya sudah biasa terjun ke sawah."
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, pada Minggu, tanpa alas kaki (nyeker) ke sawah menanam padi di Desa Toluwaya Kecamata Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Minggu.

"Pak Dahlan sesaat sebelum melakukan penanaman padi spontan melepas sepatu boot-nya, yang kemudian diikuti pejabat daerah yang ikut dalam acara penanaman padi," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokoler Kementerian BUMN, Faisal Halimi.

Dahlan tiba di lokasi penanaman padi sekira 10:30 WITA yang langsung disambut meriah oleh ratusan petani.

Seperti biasanya, Dahlan yang juga merupakan "bapak angkat" petani itu menyalami satu persatu warga yang sudah menanti sejak pagi.

Dahlan sudah berada di Gorontalo sejak Sabtu (20/4) untuk memberikan kuliah umum di Universitas Negeri Gorontalo (UNG), dan mengunjungi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendikia, Bone Bolango, Gorontalo.

Usai menyalami warga, Dahlan yang masih mengenakan kemeja putih dan celana panjang berwarna hitam tidak berlama-lama, dan langsung turun ke sawah.

Aksi Dahlan, menurut Faisal, mengundang kagum warga karena bersedia langsung ke areal sawah tanpa menggunakan alas kaki.

Penanaman dilakukan dengan pola tanam dan pupuk, yaitu sistem jejer legowo 4 yang sudah terbukti memberikan produksi padi yang maksimal di daerah tersebut.

Usai melakukan penanaman, para petani diberikan kesempatan untuk melakukan tanya jawab dengan Dahlan Iskan.

Pada kesempatan itu, Dahlan menceritakan bahwa dirinya juga merupakan anak petani.

"Waktu kecil saya sudah biasa terjun ke sawah," ungkapnya.

Selain padi, Desa Toluwaya juga menghasilkan kopi Pinogu yang menjadi salah satu produk unggulan Bone Bolango.

Dahlan pun didaulat meluncurkan sekaligus sebagai "Duta Kopi Pinugo".

"Kalau Pak Menteri jadi Duta Kopi Pinogu mudah-mudahan semua BUMN akan menjadikan kopi Pinogu sebagai minuman di setiap kegiatan. Jika ini terjadi, maka rakyat Bone Bolango akan sejahtera," kata Plt. Bupati Bone Bolango, Hamim Pou.

Selain menanam padi dan meluncurkan kopi Pinugo, Dahlan juga menyaksikan demo mesin pembangkit listik tenaga biomas kapasitas 50 KVA di kawasan itu.

Dahlan selanjutnya berziarah ke makam Pahlawan Nasional Nani Wartabone dan anjangsana ke panti asuhan Al-Hasanah di Kecamatan Suwawa Bone Bolango.

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2013