Jakarta (ANTARA News) - Atlet lari Indonesia nomor 100 meter gawang, Dedeh Erawati, menjalani persiapan khusus jelang persiapan SEA Games Myanmar 2013 dengan melakukan simulasi pertandingan setiap hari.

"Latihan sudah masuk tahap meningkatkan kecepatan dan teknik. Setiap latihan seperti pertandingan. Hanya saja jumlah gawangnya belum sampai sepuluh, baru lima sampai tujuh gawang," kata peraih medali emas SEA Games 2007 dan 2009 itu, disela-sela buka puasa bersama Komite Olimpiade Indonesia, Kamis.

Persiapan khusus ini juga sebagai bagian menjelang kejuaraan nasional yang akan digelar awal September mendatang. Kejurnas tersebut merupakan ajang seleksi akhir penentuan atlet yang akan bertanding di SEA Games nanti.

"Kejurnas itu untuk penentuan 100 persen timnas, atlet yang nanti turun di SEA Games," ujarnya.

Sebelumnya, Dedeh telah melakukan uji coba di Thailand dan Sri Lanka pada Asian Grand Prix Athletics 2013 dan Hong Kong Terbuka.

Pemegang rekor terbaik nasional dengan catatan waktu 13.18 detik itu, mengaku terus mengalami progres.

"Nanti puncaknya saat tampil di SEA Games. Catatan waktunya tidak boleh turun," tutur Dedeh yang membidik medali emas itu.

Dedeh melakukan latihan selama dua jam pada pagi dan sore. Meskipun latihan sambil puasa, lanjut dia, tidak ada pengurangan durasi waktu latihan.

"Tidak ada pengurangan jam tetapi herannya saya masih kuat," ujar Dedeh.

Ia hanya mengurangi waktu latihan pada empat hari di awal bulan puasa untuk penyesuaian. Selanjutnya, Dedeh tetap latihan seperti biasa.

"Kuncinya gizi harus tercukupi, makanan betul-betul dijaga dan suplemen harus masuk," jelasnya.(*)

Pewarta: Monalisa
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013