Makassar (ANTARA News) - Sebanyak 327 mahasiswa Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadyah (Unismuh) Makassar melakukan praktek pengalaman lapangan (PPL) di dua pondok pesantren berbeda yakni di Pesantren Muallimin dan Gombara Makassar.

"Pelepasan 327 mahasiswa FAI itu ke dua pondok pesantren berbeda dilakukan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa yang nantinya akan menjadi dai atau penceramah," ujar Wakil Dekan III, Drs Muri Khalid MPd.I di Makassar, Rabu.

Ia mengatakan, Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kewajiban yang di ikuti 327 mahasiswa terdiri dari Pendidikan Agama Islam 290 orang, Ekonomi Islam 18 orang serta Bahasa Arab 19 di Auditorium Al-Amien.

Muri menambahkan pembekalan ini berlangsung selama dua hari (24-25 Juli) dengan agenda pemberian materi dan bimbingan kurikulum yang akan diterapkan pada setiap sekolah yang telah ditunjuk.

"Mereka akan diajarkan beberapa materi diantaranya, materi Hakekat Islam dan Hakekat Muhammadiyah, Hukum Ekonomi Syariah, Etika dan Kepribadian Guru, perencanaan dan strategi pengelolaan pembelajaran," tambahnya.

Dekan FAI Unusmuh Drs Haji Mawrdi Pewangi, MPd.I mengatakan bahwa pembimbing dengan mahasiswa harus membangun komunikasi yang aktif untuk menjalankan segala program yang akan dikerjakan selama dua bulan.

"Pembekalan ini harus diikuti dengan sungguh-sungguh supaya tidak ada yang terkendala dari proses pembelajaran dengan membawa misi faukultas sekaligus mensosialisasikan Unismuh secara keseluruhan FAI pada khususnya," jelasnya.

Ia menambahkan bahwa FAI Unismuh telah membina empat program studi (Prodi) yaitu Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Sistem Ekonomi Syariah, Al-Akhwal Syakhsiyah.

Kedepan FAI akan melakukan evaluasi terhadap mahasiswa yang mengikuti PPL khususnya dalam hal menggunakan busana yang Islami, berpenampilan baik dan cara berkomunikasi dengan penuh tutur kata.

Pewarta: Muh Hasanuddin
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013