... ketidakmampuan organ penting PBB itu melaksanakan tugasnya dan memikul tanggung-jawabnya, terutama mengenai masalah Arab... "
Riyadh (ANTARA News) - Dewan Kerja Sama Teluk (GCC), Sabtu, memuji seruan Arab Saudi bagi pembaruan Dewan Keamanan PBB agar lebih efektif dan praktis melaksanakan tugas organ PBB itu.

Saudi Press Agency, menyatakan, Abdul Latif Bin Rushid Az Zayani, Sekretaris Jenderal GCC, menegaskan, dunia memerlukan peran Dewan Keamanan dan keabsahan hukumnya sehubungan perluasan kerusuhan keamanan dan politik di dunia.

Dengan begitu, diperlukan seruan mencapai pembaruan mendasar pada sistem Dewan Keamanan PBB untuk mendukung mereka.

Kementerian Urusan Luar Negeri Arab Saudi, Jumat (18/19), meminta maaf karena tidak bisa menerima masa tugas dua tahun di Dewan Keamanan PBB, karena ketidakmampuan organ penting PBB itu melaksanakan tugasnya dan memikul tanggung-jawabnya, terutama mengenai masalah Arab.

Az Zayani mengatakan, sikap kerajaan itu menekankan komitmennya pada keabsahan internasional. Sikap itu juga mencerminkan keinginan tulus mengaktifkan peran Dewan Keamanan PBB dan lembaga lain PBB.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013